Implementasi standar nasional pendidikan (SNP) di SD Islam Al Bayan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Sugiati, Dian (2020) Implementasi standar nasional pendidikan (SNP) di SD Islam Al Bayan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh banyaknya tantangan pendidikan baik nasional maupun internasional. Pendidikan formal adalah salah satu harapan agar pendidikan Indonesia dapat memecahkan tantangan tersebut. Dalam satuan pendidikan di Indonesia agar menjadi sekolah yang bermutu wajib menerapkan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Pada SNP ada 8 poin yaitu Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidik danTenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, dan Standar Penilaian Pendidikan.SD Islam Al-Bayan merupakan satuan pendidikan dasar yang di naungi oleh yayasan Hanifatul Abbas yang bertujuan membentuk generasi khoirul Ummah dengan memakai prinsip dan model pendidikan yang menyeimbangkan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual serta dilengkapi dengan bekal kecakapan hidup (life skill). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi Standar Nasional Pendidikan (SNP) di SD Islam Al Bayan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan?2) Apa saja kendala pengimplementasian StandarNasionalPendidikan (SNP) di SD Islam Al Bayan KecamatanWiradesaKabupatenPekalongan?. 3) Bagaimana solusi pengimplementasian Standar Nasional Pendidikan (SNP) di SD Islam Al Bayan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan?. Pendekatan dalam penelitian in imenggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian field Research. Metode pengumpulan data dan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, model data (penyajian data), dan penarikan/ verifikasikesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: 1)Standar Nasional Pendidikan di SD Islam Al Bayan sudah terpenuhi yaituStandarKompetensiLulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidik danTenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar PembiayaanPendidikan, dan Standar Penilaian Pendidikan. 2) Dalam 8 Standar Nasional Pendidikan di SD Islam Al Bayan semuanya memiliki kendala. 3) Dalam kendala penerapan 8 standar Nasional Pendidikan di SD Islam Al Bayan sudah terdapat solusi masing-masin

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Standar Nasional Pendidikan (SNP)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:46
Last Modified: 11 Jun 2021 02:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1455

Actions (login required)

View Item View Item