Implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran tematik materi sifat-sifat cahaya di kelas iv MI Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal Pemalang

Fitriani, Dwi Af’ida (2020) Implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran tematik materi sifat-sifat cahaya di kelas iv MI Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

IPA merupakan rumpun ilmu, memliki karakteristik khusus yang mempelajari fenomena alam yang faktual, baik berupa kenyataan (reality) atau kejadian (events) dan hubungan sebab akibatnya.Aspek pokok dalam pembelajaran IPA adalah anak dapat menyadari keterbatasan pengetahuan mereka, memiliki rasa ingin tahu untuk menggali berbagai pengetahuan baru, dan akhirnya dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka. Metode demonstrasi merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa sehingga terjadinya verbalisme akan dapat dihindari, sebab siswa disuruh langsung memeperhatikan bahan pelajaran yang sedang dijelaskan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan bagaimana implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran tematik materi sifat-sifat cahaya di kelas IV MI Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal dan Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran tematik materi sifat-sifat cahaya di kelas IV MI Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran tematik materi sifat-sifat cahaya di kelas IV MI Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal, dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran tematik materi sifat-sifat cahaya di kelas IV MI Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal. Kegunaan dari penelitian ini selain sebagai bahan informasi tentang metode pembelajaran juga sebagai acuan pemecahan masalah agar peserta didik lebih paham dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan ditempat terjadinya gejala-gejalayang diteliti. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualiatif dengan analisis dekskriptif yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka yang mengacu pada analisis data data dokumen yang bersifat kualitatif seperti hasil pengamatan dan wawancara. Adapun metode yang digunakan dala mengumpulkan data adalah dengan meode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran tematik materi sifat-sifat cahaya di kelas IV MI Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal terbagi dalam beberapa hal yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan metode demonstrasi direncanakan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), metode demonstrasi terlaksana dengan melihat materi apa yang akan diajarkan. Pelaksanaannya diawali dengan guru memberikan gambaran terkait materi yang sedang dipelajari, kemudian guru mendemonstrasikan dan memberikan contoh terlebih dahulu terkait materi yang didemonstrasikan. Sedangkan evaluasinya dilakukan dengan tiga cara yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. Dalam pelaksanaanya, implementasi metode demonstrasi memiliki beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya antara lain : fasilitas pendukung metode demonstrasi, keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPA, dan terdapat evaluasi pembelajaran. sementara itu, faktor penghambatnya meliputi : ada beberapa anak yang tidak fokus dalam mengikuti percobaan, perlengkapan percobaan yang kurang, dan ada beberapa anak yang malu dalam menyampaikan laporan percobaan di depan kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Pembelajaran Tematik Materi Sifat-Sifat Cahaya
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:53
Last Modified: 11 Jun 2021 02:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1456

Actions (login required)

View Item View Item