Pengembangan media pembelajaran berbasis wordwall untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas X MAN 1 Kota Pekalongan

Ulhak, Zaki Dia (2025) Pengembangan media pembelajaran berbasis wordwall untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas X MAN 1 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621016_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2621016_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2621016_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penggunaan media pembelajaran interaktif menjadi penting untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, terutama pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang sering dianggap kompleks. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas X MAN 1 Kota Pekalongan akibat keterbatasan media pembelajaran yang kurang menarik dan tidak mendukung proses pembelajaran aktif. Wordwall, sebagai platform gamifikasi berbasis web, dipilih sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan ini dengan mengintegrasikan elemen interaktif dan visual yang dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Wordwall yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi SPLDV. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis Wordwall yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa? Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahapan meliputi analisis kebutuhan, desain media, pengembangan produk, implementasi, dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli (media dan materi), angket respon siswa, serta pretest-posttest untuk mengukur peningkatan pemahaman konsep. Analisis data dilakukan dengan rumus N-Gain dan dari saran validator dan respon siswa. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas X MAN 1 Kota Pekalongan pada tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Wordwall "FLIP MATH" telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Validasi ahli memperoleh rata-rata skor 83,75% (ahli media) dan 84,44% (ahli materi), dengan kategori sangat layak sehingga valid untuk digunakan. Respon siswa terhadap media menunjukkan persentase kelayakan 86,08% (sangat praktis). Efektivitas media dibuktikan melalui perhitungan nilai N-Gain yang diambil dari nilai pretest-posttest, diperoleh sebesar 0,56 (klasifikasi sedang) dengan peningkatan sebesar 56,51% (kategori efektif). Simpulan penelitian ini menyatakan bahwa media Wordwall efektif meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi SPLDV. Implikasi penelitian merekomendasikan pemanfaatan media digital serupa untuk materi matematika lainnya guna mendukung pembelajaran yang inovatif dan bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorfatwa, alyanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Wordwall, SPLDV, Pemahaman Konsep Matematis, ADDIE
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:32
Last Modified: 17 Jul 2025 03:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14562

Actions (login required)

View Item View Item