Efektivitas Contextual Teaching And Learning Berbantuan E-Modul Dan Games Online Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kajen

Pitaloka, Diyah Ayu (2025) Efektivitas Contextual Teaching And Learning Berbantuan E-Modul Dan Games Online Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621012_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (786kB)
[img] Text
2621012_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2621012_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pemahaman konsep matematika siswa, khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), yang disebabkan oleh minimnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran dan dominasi metode ceramah yang kurang kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab dua rumusan masalah, yaitu: (1) mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kajen pada materi SPLDV, dan (2) menganalisis efektivitas model pembelajaran Contextual Teaching and Learningberbantuan e-modul interaktif terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment, menggunakan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII F sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 33 siswa. Kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning yang didukung oleh e-modul interaktif dan game online, sedangkan kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran konvensional melalui metode ceramah dan latihan soal. Instrumenn pengumpulan data berupa tes uraian pretest dan posttest yang dikembangkan berdasarkan indikator pemahaman konsep matematika. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum perlakuan, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kedua kelompok berada pada kategori sedang. Setelah penerapan pembelajaran, terjadi peningkatan skor rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 88,91 dibandingkan kelompok kontrol yang hanya mencapai 76,15. Analisis inferensial menggunakan uji independent sample t-test menghasilkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar < 0,001, lebih kecil dari α = 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL berbantuan e-modul interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII, khususnya pada materi SPLDV

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, E-modul interaktif, Pemahaman Konsep, SPLDV
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 06:50
Last Modified: 18 Jul 2025 06:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14576

Actions (login required)

View Item View Item