Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel si anak cahaya karya Tere Liye dan relevasinya bagi anak usia madrasah ibtidaiyah

Rohmawati, Lilis (2020) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel si anak cahaya karya Tere Liye dan relevasinya bagi anak usia madrasah ibtidaiyah. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pendidikan karakteradalah proses menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai kehidupan sesuai dengan kaidah moral dengan tujuan agar siswa menjadi individu yang baik dan nantinya dapat berkomitmen serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penanaman pendidikan karakter dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan karya sastra seperti novel, dimana setelah selesai membaca novel diharapkan dapat mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel si anak cahaya karya Tere Liye dan nila-nilai karakter apa saja yang relevan bagi anak usia madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian pustaka (Library Research), sumber data dalam penelitian ini adalah sumber primer yaitu novel si anak cahaya karya Tere Liye dan sumber data skunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku, jurnal, website, dan sumber-sumber lain yang relevan dengan penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka, dengan teknik analisis data menggunakan content analisys (analisis isi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel si anak cahaya karya Tere Liye adalah nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat, gemar membaca, peduli sosial dan tanggung jawab. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel sangat relevan dengan pendidikan karakter menurut Kemendiknas, juga relevan dengan pendidikan karakter anak usia madrasah ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter, Relevansi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:12
Last Modified: 11 Jun 2021 03:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1459

Actions (login required)

View Item View Item