Fara, Mutiara Maulidy Al (2025) Strategi Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121001_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (902kB) |
![]() |
Text
2121001_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2121001_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (943kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di dunia pendidikan, dimana banyak generasi muda khususnya Generasi Z, yang mengalami penurunan dari segi moralitas. Dalam konteks ini, peran guru Pendidikan Agama Islam sangat vital untuk membentuk karakter dan moral peserta didik. Pemerintah sendiri telah merumuskan kurikulum terbaru, yaitu Kurikulum Merdeka, yang menekankan penguatan nilai-nilai karakter. Salah satu ciri utamanya ialah penerapan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Melalui konsep Profil Pelajar Pancasila, sekolah diarahkan untuk membekali peserta didik dengan pemahaman yang mendalam, kesadaran, dan kemampuan mengamalkan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari. Namun, penerapan Profil Pelajar Pancasila masih menghadapi banyak kendala, terutama dalam hal strategi mengajar yang belum maksimal diterapkan oleh pendidik. Pemilihan strategi pembelajaran memegang peranan penting dalam menentukan kualitas proses belajar. Adapun tujuan penelitian ini bertujuan ntuk 1) mengetahui strategi mengajar guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam menumbuhkan dimensi profil pelajar Pancasila pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan, 2) mengetahui kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam menumbuhkan dimensi profil pelajar Pancasila pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif melalui bentuk penelitian langsung di lokasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah beberapa referensi yang relevan, guru PAI kelas VII, wakakurikulum, peserta didik kelas VII. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu strategi mengajar yang diterapkan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila diantaranya yaitu: 1) strategi pembiasaan, 2) strategi keteladanan, 3) strategi aktif dalam pembelajaran. Adapun kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila yaitu 1) karakteristik peserta didik, 2) pengaruh lingkungan luar, 3) keterbatasan waktu, 4) keterbatasan sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Mengajar, Guru Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar Pancasila | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:31 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:31 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |