Implementasi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Melalui Kitab Jurumiyah Kelas 3 Ibtidaiyah Di Pondok Pesantren Al Utsmani Winong Gejlig Kajen Kabupaten Pekalongan

Muthoharoh, Niesaul (2025) Implementasi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Melalui Kitab Jurumiyah Kelas 3 Ibtidaiyah Di Pondok Pesantren Al Utsmani Winong Gejlig Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2219041_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (558kB)
[img] Text
2219041_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB)
[img] Text
2219041_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendiskripsikan strategi pembelajaran kitab Jurumiyah menggunakan metode ceramah pada kelas 3 ibtidaiyah di Pondok Pesantren Al Utsmani Winong Gejlig Kajen Kabupaten Pekalongan (2) untuk mendiskripsikan kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran menggunakan inovasi metode ceramah pada kelas 3 ibtidaiyah di Pondok Pesantren Al Utsmani Winong Gejlig Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah ustaz dan santri Pondok Pesantren Al Utsmani. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu setelah data terkumpul diolah, kemudian dianalisis dan disimpulkan berupa uraian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran ilmu nahwu melalui metode ceramah di kelas 3 Ibtidaiyah Pondok Pesantren Al Utsmani Winong Gejlig Kajen Kabupaten Pekalongan telah dirancang dan dilaksanakan secara sistematis dan inovatif. Metode ceramah yang digunakan tidak lagi bersifat kaku dan satu arah, melainkan dikembangkan dengan pendekatan kontekstual, partisipatif, serta disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Perencanaan meliputi kontrak belajar, jadwal ceramah santri, dan persiapan materi harian yang matang, sementara pelaksanaannya melibatkan interaksi aktif, mind mapping, serta ilustrasi visual untuk memudahkan pemahaman santri terhadap materi kitab Jurumiyah, khususnya pada bab-bab seperti Bāb al-Ḥāl.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhan, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Ceramah, Pembelajaran Nahwu Jurumiyah
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 02:44
Last Modified: 18 Jul 2025 02:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14591

Actions (login required)

View Item View Item