Analisis Buku Teks Bahasa Arab “Cinta Berbahasa Arab” Sekolah Dasar Kelas 6 Karya Mahmud Ismail (Ditinjau dari seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi kosakata)

Muslimun, Muslimun (2019) Analisis Buku Teks Bahasa Arab “Cinta Berbahasa Arab” Sekolah Dasar Kelas 6 Karya Mahmud Ismail (Ditinjau dari seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi kosakata). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Tetx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu elemen paling penting dalam dunia pendidikan, bahkan bisa jadi satu-satunya unsur utama dalam pembelajaran bahasa asing, tanpa bahan ajar tidak akan terjadi belajar dan tidak akan berlangsung pembelajaran. Salah satu bentuk bahan ajar yang juga dikategorikan sebagai sumber belajar adalah buku ajar yakni buku teks bahasa Arab “Cinta Berbahasa Arab” untuk sekolah dasar kelas 6 yang ditulis oleh Mahmud Ismail. Buku tersebut merupakan buku pelajaran pokok yang digunakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ulul Albab Pekalongan. Buku tersebut secara desain dikemas secara sederhana hal tersebut sangat berbeda dengan buku bahasa Arab kurikulum 2013 terbitan Kementerian Agama Republik Indonesia yang full color akan tetapi dalam metode penyajian buku tersebut cukup menarik dengan bahasa yang komunikatif dan memotivasi siswa. Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan permasalahannya, yaitu: Bagaimana kesesuaianbuku teks bahasa Arab “Cinta Berbahasa Arab” sekolah dasar kelas 6 karya Mahmud Ismail dengan teori penulisan buku ajar yaitu dari aspek Seleksi, Gradasi, Presentasi, dan Repetisi Kosakata. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seleksi, gradasi, presentasi, repetisi Kosakata dalam buku teks bahasa Arab “Cinta Berbahasa Arab” untuk kelas 6 sekolah dasar karya Mahmud Ismail. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitan yang digunakan adalah Library research. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku tersebut telah memenuhi seleksi baik karena telah memenuhi seleksi atas dasar frequensi, range, availability, dan learnability, yang sesuai dengan tujuan, tingkat kemahiran dan lama program pembelajaran. Gradasi yang baik karena disajikan dengan kaidah dari yang mudah ke kaidah yang sulit. Presentasi yang baik secara umum karena memenuhi prosedur diferensial, prosedur ostensif, prosedur pictoral dan prosedur konteks menggunakan pengantar bahasa Indonesia. Presentasi materi menggunakan ilustrasi masih kurang baik karena masih terkesan sedikit dan kurang menarik. Repitisi kurang baik karena yang terbanyak adalah repitisi empat ke bawah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasith, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Buku Teks, Bahasa Arab, Kosakata
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sultan Mubarok
Date Deposited: 28 Apr 2020 06:48
Last Modified: 28 Apr 2020 06:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item View Item