Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Multiple Intelligences Pada Siswa Kelas Iii Di SDIH Luqman Al Hakim Batang

Meliyah, Meliyah (2020) Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Multiple Intelligences Pada Siswa Kelas Iii Di SDIH Luqman Al Hakim Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pembelajaran diabad 21 ini, mengharuskan pola pembelajaran yang dapat menjembatani setiap potensi dan kecerdasan siswa. Pembelajaran tidak hanya ditekankan pada kecerdasan kognitif dan bahasa saja, namun juga harus melihat dan menghargai keunikan siswa lain yang berada di dalam satu kelas. Konsep pembelajaran multiple intelligences menjadi angin segar bagi siswa yang lemah dibidang matematika dan bahasa. Pembelajaran multiple intelligences merupakan pembelajaran yang menggunakan berbagai macam metode yang disesuaikan dengan cara dan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik integratif berbasis multiple intelligences di SDIH Luqman Al Hakim Batang. Penerapan itu sendiri terdiri dari tiga tahapan yaitu; tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaiaian. Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan masukan dan kontribusi yang bermanfaat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang bersangkutan mengenai impelementasi pembelajaran tematik integratif berbasis multple intelligences di sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menginterprestasikan data-data yang diperoleh dengan menggunakan kata-kata. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah; observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik integratif berbasis multiple intelligences di SDIH Luqman Al Hakim Batang, terdiri dari; 1) perencanaan, perencanaan pembelajaran tematik integratif berbasis multiple intelligences di SDIH Luqman Al Hakim Batang, dengan melakukan observasi pada awal tahun ajaran baru dan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan, pelaksanaan pembelajaran tematik integratif berbasis multiple intelligences di SDIH Luqman Al Hakim Batang, dengan melakukan, a) pra kegiatan, seperti;mengucapkan salam, menanyakan kabar siswa, berdoa, mengecek absensi, mengecek kerapian berpakaian siswa, menyiapkan media, sumber dan bahan pembelajaran , b) kegiatan pendahuluan, seperti; melakukan zona alfa melalui ice breaking sederhana atau senam otak sederhana, memberikan konsep awal terkait dengan materi, menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan motivasi kepada siswa untuk semangat belajar, memberikan apersepsi dengan cara tanya jawab dan umpan balik. c) kegiatan inti, seperti; penggunaan strategi pembelajaran, media pembelajaran, sumber pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran, d) kegiatan penutup, seperti;simpulan pembelajaran, refleksi, umpan balik dan rencana tindak lanjut. 3) penilaian, penilaian pembelajaran tematik integratif berbasis multiple intelligences SDIH Luqman Al Hakim Batang, menggunakan sistem penilaian autentik yang meliputi tiga ranah penilaian yaitu; penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHayudinna, Hafizah GhanyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: : Pembelajaran Tematik Integratif dan Multiple Intelligences
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:18
Last Modified: 11 Jun 2021 03:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item