Exploring english as a foreign language (EFL) students’ feelings using project-based learning in learning narrative text

Jannah, Roudhotul (2025) Exploring english as a foreign language (EFL) students’ feelings using project-based learning in learning narrative text. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
2520089_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2520089_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2520089_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Di era serba modern ini pembelajaran yang menarik dan aktif adalah salah satu metode yang bisa di gunakan dalam kelas, salah satu nya yaitu metode ProjectBased Learning yang bisa memberikan pengalaman belajar yang aktif, kolaboratif, dan bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Menggambarkan pengalaman emosional siswa SMK dalam mempelajari narrative text menggunakan Project-Based Learning. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan design narrative inquiry. Peneliti menggunakan wawancara semi structure untuk mengumpulkan data. Data dianalisis menggunakan analisi tematik Braun and clarke. Partisipan dari penelitian ini adalah siswa yang sudah belajar menggunakan project based learning waktu belajar bahasa inggris. Data diambil dari hasil wawancara dengan 5 siswa yang sudah belajar narrative text dengan project based learning. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa merasakan pengalaman positif dan negatif selama pembelajaran, pengalaman positif yang ditemukan dalam hasil penelitian ini adalah keminatan, senang, percaya diri dan puas. Mereka menikmati kerja kelompok, merasa pembelajaran lebih hidup, dan termotivasi untuk menyelesaikan proyek dengan baik. Sedangkan hasil pengalamanan negatif siswa dalam penelitian ini adalah tidak minat, tidak senang, tidak percaya diri dan tidak puas. Mereka mengeluhkan topik yang tidak merata, waktu yang terlalu panjang, kontribusi kelompok yang tidak seimbang, serta biaya proyek yang membebani.Temuan ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk guru yang akan menggunakan metode project based learning saat pembelajaran berlangsung. Kata kunci: student’s feelings, project based learning, narrative text.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRokhuma, Chubbi MillatinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Student’s feelings, project based learning, narrative text
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 Oct 2025 09:24
Last Modified: 27 Oct 2025 09:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14617

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item