Upaya Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Pada Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas VI di MIS Karanganyar Tirto Pekalongan”

Rusydayya, Kuni Feby (2025) Upaya Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Pada Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas VI di MIS Karanganyar Tirto Pekalongan”. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321028_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (526kB)
[img] Text
2321028_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19. PEDOMAN WAWANCARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Aksara Jawa merupakan bahasa tulisan yang memiliki kaidah kebahasaan layaknya bahasa Indonesia. Adanya kaidah kebahasaan tersebut seringkali dijadikan alasan untuk menganggap Aksara Jawa itu sulit, sehingga banyak generasi muda yang tidak mengerti kaidah kebahasaan dari bahasa ibu yaitu bahasa Jawa. Oleh karenanya, keterampilan menulis Aksara Jawa dapat dikatakan rendah di kalangan kaum pelajar. Maka dari itu, diperlukan upaya guru untuk meningkatkan keterampilan menulis Aksra Jawa khususnya pada jenjang MI/SD. Rumusan masalah dalam penelitian ini berupa (1) bagaimana upaya yang dilakukan guru terhadap peserta didik kelas VI untuk meningkatkan keterampilan menulis Aksara Jawa pada pembelajaran Bahasa Jawa di MIS Karanganyar Tirto Pekalongan? (2) faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis Aksara Jawa pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas VI di MIS Karanganyar Tirto Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah guna mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru terhadap peserta didik kelas VI untuk meningkatkan keterampilan menulis Aksara Jawa pada pembelajaran Bahasa Jawa di MIS Karanganyar Tirto Pekalongan. Selain itu, juga untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan upaya tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara terhadap Kepala Madrasah, guru pengampu Bahasa Jawa kelas VI dan peserta didik kelas VI. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen yang terdapat MIS Karanganyar Tirto Pekalongan, buku maupun jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam rangka meningkatkan keterampilan menulis Aksara Jawa peserta didik kelas VI di MIS Karanganyar Tirto Pekalongan berupa pemanfaatan media poster Aksara Jawa dan Flash Card. Selain itu, terdapat juga metode yang bervariasi, meliputi metode bercerita, metode pemberian tugas, metode latihan/drill dan metode bermain, serta memberikan penilaian dan umpan balik secara langsung kepada peserta didik. Terdapat faktor pendukung dalam pelaksanaan upaya tersebut berupa antusiasme peserta didik terhadap media pembelajaran, ketelatenan guru dalam memberikan penilaian dan umpan balik secara langsung, serta kreativitas guru dalam mengajar. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi kurangnya minat dan motivasi peserta didik, serta keterbatasan dukungan dari orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetiaji Prabowo, DimasUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Keterampilan Menulis, Aksara Jawa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2025 07:15
Last Modified: 17 Jul 2025 07:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14627

Actions (login required)

View Item View Item