Maulana, Muhammad Irfan (2025) Pengaruh Beasiswa Prestasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas Vii Mts Salafiyah Al Muttaqin Medono. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121043_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121043_FullText.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121043_Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Program beasiswa prestasi dilaksanakan dengan tanpa adanya standar nilai akademik yang harus didapatkan oleh penerima beasiswa dan tidak ada pencabutan beasiswa apabila penerima beasiswa mengalami penurunan hasil belajar. Akan tetapi setiap kenaikan kelas diadakan evaluasi berupa peringkatan nilai rata-rata, baik penerima beasiswa maupun non penerima beasiswa yang kemudian dimaksudkan untuk menentukan siswa yang masuk pada kelas khusus dan kelas regular. Hal ini menyebabkan dua kemungkinan bagi penerima beasiswa, yang pertama dapat memicu motivasi agar dapat masuk kelas khusus kembali, yang kedua penerima beasiswa akan terbawa arus dalam kelas regular. Dengan demikian peneliti mengutarakan permasalahannya sebagai berikut: Bagaimanakah pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin Medono? Apakah terdapat pengaruh beasiswa prestasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin Medono?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin Medono, serta untuk menguji pengaruh beasiswa prestasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin Medono. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif non eksperimental dengan melakukan tiga pengujian yaitu uji analisis instrument, uji analisis data, dan uji hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pendekatan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi angket, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak dapat digolongkan dalam kategori sedang, dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 82,333333. Hal ini juga dapat dilihat dari tabel distribusi frekuensi bahwa dari 15 siswa yang menjadi sampel penelitian terdapat 11 siswa atau 74% menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak tergolong sedang. Pengaruh beasiswa prestasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pada penerima beasiswa MTs Salafiyah Al Muttaqin. Nilai t hitung tercatat sebesar -501, yang lebih kecil dari t tabel yang bernilai 2,160, dan tingkat signifikansi variabel beasiswa prestasi (X) sebesar 0,625 > 0,05 (signifikan pada delta 5%), sesuai hasil uji t. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa beasiswa prestasi tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin Medono
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Beasiswa, Prestasi, Hasil Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Muhammad Irfan Maulana | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:56 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 04:56 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |