Karimah, Habibatul (2025) Efl students’ feelings in using chatgpt for english essay writing. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2521006_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2521006_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2521006_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
Abstract
Kemunculan ChatGPT dalam dunia pendidikan bahasa inggris membuka peluang besar, khususnya bagi mahasiswa EFL dalam keterampilan menulis essai. Sebagian besar penelitian sebelumnya lebih banyak fokus pada potensi umum dan penggunaan ChatGPT dalam meningkatkan keterampilan menulis, bukan pada perasaan mahasiswa saat menggunakan ChatGPT dalam menulis essay bahasa inggris. Oleh karena itu, penelitian ini penting untuk dilakukan untuk mengisi celah tersebut dengan mengeksplorasi secara mendalam perasaan mahasiswa EFL ketika menggunakan ChatGPT. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perasaan mahasiswa dalam menggunakan ChatGPT saat menulis essai berbahasa inggris. Secara spesifik, penelitian ini mengeksplorasi secara mendalam bagaimana perasaan mereka selama proses penulisan menggunakan tekhnologi tersebut. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain narrative inquiry. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan analisis tematik dari Braun dan Clarke dan teori penilaian dari Martin dan White. Partisipan dalam penelitian ini membagikan perasaan emosional mereka ketika menggunakan ChatGPT dalam menulis essai. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa mengalami dua jenis perasaan yang kontras. Di satu sisi, mereka merasa senang, percaya diri, terdorong untuk terus menggunakan, dan puas karena ChatGPT membantu mereka dalam tahap pra-penulisan, menyusun kalimat, memberikan ide, serta meningkatkan kualitas tulisan. Namun, di sisi lain, mereka juga merasakan ketidaknyamanan, rasa kurang percaya diri, kekhawatiran akan ketergantungan, dan ketidakpuasan akibat informasi yang tidak akurat, hasil yang terasa kaku, serta fitur yang dianggap membingungkan. Secara keselurahan, studi ini menyimpulkan meskipun ChatGPT dapat menjadi alat pendukung yang bermanfaat dalam menulis essai bahasa inggris, mahasiswa dan pendidik harus tetap menyikapinya secara kritis, dengan memahami manfaat dan keterbatasannya secara seimbang.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | ChatGPT, essay writing, students’ feelings | ||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:17 | ||||||||
| Last Modified: | 28 Oct 2025 07:47 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14637 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
