Fitriyanti, Ani (2025) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadis Kelas Viii Mts Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2118306_COVER_BA I DAN BAB V.pdf Download (907kB) |
![]() |
Text
2118306_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2118306_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (988kB) |
Abstract
Belajar merupakan kebutuhan penting bagi siswa, di mana motivasi belajar yang tinggi akan berdampak positif pada hasil belajar. Salah satu faktor yang memengaruhi motivasi belajar adalah model pembelajaran yang diterapkan. Penggunaan model pembelajaran yang menyenangkan, seperti Quantum Teaching, diyakini mampu menciptakan suasana belajar yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Quantum Teaching terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII MTS Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen, teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Sampel penelitian sebanyak 67 siswa yang dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Quantum Teaching mendorong siswa untuk lebih aktif dan semangat dalam belajar karena menekankan interaksi positif antara guru dan siswa.Secara statistik, penggunaan model ini terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann Whitney yang menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000116 (lebih kecil dari 0,05), yang menandakan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model Quantum Teaching terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di MTS Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Quantum Teaching, Motivasi Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 01:18 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 01:18 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |