Faizah, Haizatul (2020) Penerapan multimedia interaktif dalam pembelajaran vocabulary bahasa inggris di kelas iv SD Plus Al Burhan Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang wajib ada dalam segala jenjang pendidikan termasuk jenjang sekolah dasar. Namun mata pelajaran ini sering dianggap sulit oleh peserta didik dan kurang diminati. Hal ini dikarenakan mereka kurang menguasai kosakata dan jarang mempraktekannya dalam kehidupan sehari-sehari. Padahal penguasaan kosakata sendiri merupakan suatu hal yang mendasar agar dapat menguasai bahasa Inggris. Kurangnya penguasaan kosakata dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya cara penyampaian materi kosakata itu tersendiri dalam pembelajaran. Dalam menanggapi masalah seperti itu, seorang guru kelas IV di sekolah dasar plus Al Burhan ini menggunakan multimedia interaktif dalam proses pembelajarannya khususnya dalam pembelajaran kosakata. Hal ini dilakukan supaya pembelajaran menjadi lebih menarik, tidak membosankan dan menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih bermakna. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana penerapan multimedia interaktif dalam pembelajaran vocabulary bahasa Inggris di kelas IV SD Plus Al Burhan. Serta apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan multimedia interaktif dalam pembelajaran vocabulary bahasa Inggris di kelas IV SD Plus Al Burhan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan multimedia interaktif dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris ini diawali dengan kegiatan perencanaan seperti membuat RPP serta membuat multimedia interaktif yang berupa power point. Setelah kegiatan perencanaan maka lanjut pada kegiatan pelaksanaan dimana dalam kegiatan ini diawali dengan guru mengucap salam, mengecek kehadiran peserta didik serta melakukan apersepsi. Lanjut pada tahap kegiatan inti yaitu guru membuka slide pertama dan memancing peserta didik untuk bertanya dan memasuki slide selanjutnya yang berupa materi. Dalam prosesnya guru meminta peserta didik untuk aktif memperhatikan slide yang sudah ditampilkan. Setelah itu memasuki kegiatan evaluasi yaitu guru menampilkan slide yang berupa soal kemudain peserta didik ditunjuk untuk memahami maksud dari pertanyaan dan menjawab pertanyaan itu sendiri. Adapun faktor pendukung dari penerapan media tersebut tak lain yaitu tersedianya laptop dan proyektor dari sekolah, suasana kelas yang memadai, waktu pembelajaran yang memadai, guru yang giat dalam membuat multimedia interaktif, respon baik dari peserta didik, saluran listrik yang memadai, serta ruang kelas yang meskipun bukan ruang kelas yang berbasis multimedia. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain persiapan waktu yang cukup lama, ketersediaan waktu, terbatasnya sarana prasarana serta belum adanya ruang kelas yang berbasis multimedia seperti laboratorium multimedia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Pembelajaran, Kosakata Bahasa Inggris |
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Markholis Markholis |
Date Deposited: | 11 Jun 2021 04:03 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 04:03 |
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1465 |
Actions (login required)
View Item |