Pelaksanaan Bimbingan Islami dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Anak tunarungu Di SLB PRI Kota Pekalongan

Atuzzakiyah, Nur Lulu (2025) Pelaksanaan Bimbingan Islami dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Anak tunarungu Di SLB PRI Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
352142_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (641kB)
[img] Text
352142_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19 LAMPIRAN(2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Atuzzakiyah, Nur Lulu. 2025. Pelaksanaan Bimbingan Islami dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Anak tunarungu Di SLB PRI Kota Pekalongan. Skripsi Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Dr. H. Khoirul Basyar M.S.I. Kata Kunci: Bimbingan Islami, Motivasi Belajar, Anak Tunarungu Anak tunarungu adalah individu yang mengalami kerusakan pada fungsi organ pendengaran, baik sebagian maupun sepenuhnya. Gangguan ini menyebabkan keterbatasan dalam kemampuan mendengar, yang berimbas pada kesulitan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dalam aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dapat menyebabkan rendahnya motivasi belajar. Sehingga solusi untuk membantu membentuk motivasi belajar anak tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan melalui bimbingan islami. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana motivasi belajar anak tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan, (2) bagaimana pelaksanaan bimbingan islami dalam mengembangkan motivasi belajar anak tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar anak tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan, (2) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan islami dalam mengembangkan motivasi belajar anak tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar mempunyai nilai positif terhadap perkembangan motivasi belajar anak tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan, terutama dalam keberanian bertanya, semangat dalam mengerjakan tugas, dan atusiasme yang sudah berkembang. Kemudian, pelaksanaan bimbingan Islami dalam mengembangkan motivasi belajar anak tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan telah sesuai tahapan bimbingan Islami. Proses bimbingan Islami mencakup tahap awal, tahap pertengahan, dan tahap akhir. Metode yang digunakan dalam bimbingan Islami meliputi metode keteladanan dan metode kisah. Materi yang diberikan terkait ibadah,aqidah dan akhlak. ABSTRACT Atuzzakiyah, Nur Lulu. 2025. The Implementation of Islamic Guidance in Developing Learning Motivation of Deaf Students at SLB PRI Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis. Faculty of Ushuluddin, Adab, and Da'wah. Islamic Guidance and Counseling Study Program, State Islamic University K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Supervisor: Dr. H. Khoirul Basyar, M.S.I. Keywords: Islamic Guidance, Learning Motivation, Deaf Students Deaf children are individuals who experience damage to the function of their hearing organs, either partially or completely. This impairment leads to limitations in their ability to hear, which results in difficulties in communicating with their surroundings in daily activities. This condition can cause low learning motivation. Therefore, a solution to help develop the learning motivation of deaf children at SLB PRI Kota Pekalongan is through Islamic guidance. The research problems in this study are: (1) How is the learning motivation of deaf children at SLB PRI Kota Pekalongan? (2) How is the implementation of Islamic guidance in developing the learning motivation of deaf children at SLB PRI Kota Pekalongan? The objectives of this research are: (1) To determine the learning motivation of deaf children at SLB PRI Kota Pekalongan, and (2) To find out how Islamic guidance is implemented to enhance the learning motivation of deaf children at SLB PRI Kota Pekalongan. This study is a field research using a qualitative case study approach. The data collection techniques used include observation, interviews, and documentation. The data collected were analyzed using the Miles and Huberman analysis model. The results of the study show that learning motivation has a positive impact on the development of learning motivation in deaf children at SLB PRI Kota Pekalongan, particularly in terms of their courage to ask questions, enthusiasm in completing tasks, and growing enthusiasm. Furthermore, the implementation of Islamic guidance in developing the learning motivation of deaf children at SLB PRI Kota Pekalongan has followed the appropriate stages of Islamic guidance. The Islamic guidance process includes the initial stage, the middle stage, and the final stage. The methods used in the Islamic guidance include the exemplary method and the storytelling method. The materials delivered relate to worship, faith (aqidah), and morals (akhlaq).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyar, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami, Motivasi Belajar, Anak Tunarungu
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:07
Last Modified: 21 Jul 2025 02:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14661

Actions (login required)

View Item View Item