Atuzzakiyah, Nur Lulu' (2025) Pelaksanaan Bimbingan Islami dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Anak tunarungu Di SLB PRI Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
352142_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (641kB) |
|
|
Text
352142_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
19 LAMPIRAN(2).pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) |
Abstract
Anak tunarungu adalah individu yang mengalami kerusakan pada fungsi organ pendengaran, baik sebagian maupun sepenuhnya. Gangguan ini menyebabkan keterbatasan dalam kemampuan mendengar, yang berimbas pada kesulitan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dalam aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dapat menyebabkan rendahnya motivasi belajar. Sehingga solusi untuk membantu membentuk motivasi belajar anak tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan melalui bimbingan islami. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana motivasi belajar anak tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan, (2) bagaimana pelaksanaan bimbingan islami dalam mengembangkan motivasi belajar anak tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar anak tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan, (2) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan islami dalam mengembangkan motivasi belajar anak tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar mempunyai nilai positif terhadap perkembangan motivasi belajar anak tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan, terutama dalam keberanian bertanya, semangat dalam mengerjakan tugas, dan atusiasme yang sudah berkembang. Kemudian, pelaksanaan bimbingan Islami dalam mengembangkan motivasi belajar anak tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan telah sesuai tahapan bimbingan Islami. Proses bimbingan Islami mencakup tahap awal, tahap pertengahan, dan tahap akhir. Metode yang digunakan dalam bimbingan Islami meliputi metode keteladanan dan metode kisah. Materi yang diberikan terkait ibadah,aqidah dan akhlak.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Islami, Motivasi Belajar, Anak Tunarungu | ||||||||
| Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 02:07 | ||||||||
| Last Modified: | 04 Nov 2025 04:48 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14661 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
