Perbandingan Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Materi Mawaris di SMA Negeri 1 Subah Batang

Khumairoh, Erga Rahma (2025) Perbandingan Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Materi Mawaris di SMA Negeri 1 Subah Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121133_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2121133_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2121133_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Salah satu komponen kunci keberhasilan proses pendidikan adalah model pembelajaran. Model pembelajaran yang terfokus pada guru serta monoton sering kali mengakibatkan siswa tidak memahami materi, terutama ketika berhadapan dengan topik yang rumit seperti warisan (Mawaris). Proses pembelajaran sangat terhambat oleh ketidakmampuan siswa untuk memahami pembagian warisan secara matematis. Maka, diperlukan model pembelajaran yang dinamis yang melibatkan siswa, contohnya TPS dan PBL. Keduanya dibandingkan karena mempunyai kesamaan yaitu memfokuskan pada keaktifan siswa, mengasah critical thinking, dan juga komunaksi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektivitas model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi mawaris, (2) Bagaimana efektivitas model kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi mawaris, (3) Apakah terdapat perbedaan signifikan antara model Problem Based Learning dengan model kooperatif Think Pair terhdapat hasil belajar siswa pada materi mawaris Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meneliti dampak Model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar pada materi pewarisan; (2) meneliti dampak model kooperatif TPS terhadap hasil belajar; dan (3) membandingkan efektivitas kedua model tersebut. Dengan desain eksperimen Pre-test Post-test Control Group Design, penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Dua kelas dijadikan contoh; Model Problem Based Learning (PBL) diterapkan di satu kelas dan model kooperatif Think Pair Share (TPS) di kelas lainnya. Tes dan observasi termasuk di antara model yang digunakan untuk memperoleh data. Menurut temuan penelitian, model kooperatif Think Pair Share (TPS) lebih unggul dibandingkan PBL dalam mengajarkan konten terkait mawaris. Selain mendorong pemahaman yang lebih mendalam tentang mata pelajaran, teknik TPS meningkatkan kepercayaan diri siswa dan mendorong keterlibatan emosional. Selain itu, model kooperatif TPS mendorong sikap positif terhadap pembelajaran dan meningkatkan koneksi sosial. Dengan demikian, TPS dapat dianggap sebagai model alternatif utama untuk mengajarkan konsep fiqh yang sulit dan abstrak seperti warisan, terutama kepada siswa dari berbagai latar belakang kesiapan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhasanah, Fatmawati NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model PROBLEM BASED LEARNING (PBL), Model Kooperatif TPS, Materi Mawaris
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:14
Last Modified: 18 Jul 2025 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14668

Actions (login required)

View Item View Item