Ulya, Karimatul (2025) Investigating Non-English Learners' Incidental Vocabulary Learning Through Sky Children Of The Light Game. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2521066_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (561kB) |
![]() |
Text
2521066_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2521066_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
Abstract
Pembelajaran kosakata secara insidental melalui permainan digital masih kurang dieksplorasi di kalangan pembelajar non-bahasa Inggris. Penelitian ini mengkaji bagaimana pembelajar non-bahasa Inggris Indonesia memperoleh kosakata secara insidental melalui Sky Children of the Light dan mengidentifikasi tantangan mereka. Studi kasus kualitatif digunakan dengan mengumpulkan data dari tiga pemain Indonesia melalui studi diary dan wawancara semi-terstruktur. Analisis tematik diterapkan untuk mengkaji mekanisme dan hambatan perolehan kosakata. Temuan mengungkapkan lima tahapan pembelajaran insidental meliputi paparan melalui misi dan interaksi sosial, perhatian yang didorong oleh pengulangan dan kebutuhan, interpretasi melalui konteks dan teks, retensi yang dibantu oleh frekuensi dan penggunaan, dan potensi salah interpretasi. Tantangan utama meliputi ketergantungan pada petunjuk kontekstual yang terbatas, beban kognitif berlebihan selama percakapan waktu nyata, dan perbedaan gaya belajar. Permainan memfasilitasi perolehan kosakata melalui interaksi sosial yang autentik, meskipun efektivitasnya bergantung pada dukungan kontekstual dan pengetahuan sebelumnya. Penelitian ini menyoroti potensi permainan petualangan sosial untuk pembelajaran kosakata dan memberikan wawasan untuk penelitian pembelajaran insidental. Kata Kunci: Pembelajaran Kosakata Insidental, Pembelajaran Bahasa Inggris, Akuisisi Bahasa, Permainan Dunia Terbuka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kosakata Insidental, Pembelajaran Bahasa Inggris, Akuisisi Bahasa, Permainan Dunia Terbuka. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:19 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:19 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |