Penggunaan media audio visual pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas iv di Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Salakbrojo Kedungwuni kabupaten Pekalongan

Izzah, Nailatul (2020) Penggunaan media audio visual pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas iv di Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Salakbrojo Kedungwuni kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penggunaan media pengajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru,sehingga guru bertugas menggunakan media audio visual agar siswa tidak hanya mendengarkan saja, namun siswa dapat melihat tayangan kisah masa lalu sejak kebudayaan pada pembelajaran SKI. Cara yang dipilih guru di MI Walisongo Salakbrojo agar mempermudah menyampaikan pembelajaran dan menerima pelajaran yaitu dengan menggunakan media audio visual agar dalam pembelajaran SKI dapat menghindari salah pengertian. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran SKI Kelas IV di MI Walisongo Salakbrojo? (2) Bagaimana penggunaan media audio visual pada mata pelajaran SKI Kelas IV di MI Walisongo Salakbrojo? (3) Apa saja kelebihan dan kekurangan penggunaan media audio visual pada pembelajaran SKI Kelas IV di MI Walisongo Salakbrojo? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach).sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Jenis penggunaan media audio visual berupa video dan power point dalam pembelajaran SKI. Hasil penggunaan media audio visual menunjukkan bahwa penggunaanya dapat membantu siswa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat ketika siswa mengajukan pertanyaan mengenai materi yang bersangkutan serta antusias dalam mengikuti pembelajaran. Suasana kelas menjadi tenang karena menikmati tayangan pada layar proyektor. Adapun kelemahannya yaitu Listrik mati, Fokus siswa satu arah, Tidak dapat dibawa kemana- mana. Sedangkan kelebihannya yaitu dapat menimbulkan ruang dan waktu, Suara yang dihasilkan dari video menghasilkan realita, Menggambarkan suatu proses dengan tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Audio visual, Pembelajaran SKI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 06:42
Last Modified: 11 Jun 2021 06:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1468

Actions (login required)

View Item View Item