Salma, Nadia Kafia (2025) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mempertahankan Moralitas Siswa Di Era Globalisasi DIi SMK Muhammadiyah Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121131_NADIA KAFIA_COVER_BAB I BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
2121131_NADIA KAFIA_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
![]() |
Text
2121131_NADIA KAFIA_LAMPIRAN_CV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya kemerosotan generasi muda di era globalisasi fenomea umumnya adalah pengaruh internet dan media sosial yang penuh dengan konten buruk yang dapat menurunkan moralitas generasi muda. Moral sangat penting bagi generasi muda saat ini semakin berkembangnya zaman moralitas semakin memudar sehingga kita harus menjaga nilai-nilai moral dengan baik. Penting bagi pendidik agama untuk menjaga integritas moral mereka dengan adanya pendidikan agama Islam merupakan bagian penting dari pendidikan serta dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada pemahaman dan pengetahuan tentang dunia dan akhirat. Penelitian ini mengangkat tiga rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana Ketahanan Moral Siswa Di Era Globalisasi Di SMK Muhammadiyah Kajen Pekalongan 2)Bagaimana Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mempertahankan Moralitas Siswa di Era Globalisasi di SMK Muhammadiyah Kajen,Pekalongan 3) Apa saja tantangan guru Pendidikan Agama Isam Dalam Mempertahankan Moralitas Siswa di Era Globalisasi di SMK Muhammadiyah Kajen,Pekalongan. Jenis Penelitian dalam skripsi ini berupa penelitian field research (lapangan) dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik analisis datanya berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk ketahanan moral siswa melalui berbagai pendekatan, antara lain: integrasi pada mata pelajaran, keteladanan, pembiasaan, serta pengawasan terhadap perilaku siswa baik di dunia nyata maupun di media sosial. Upaya yang dilakukan guru PAI memberikan dampak yang signifikan terhadap ketahanan moral siswa. Siswa menjadi lebih sadar akan pentingnya bersikap jujur, bertanggung jawab terhadap kewajibannya, memiliki empati terhadap sesama, menghargai perbedaan, dan disiplin dalam menjalankan aktivitas baik akademik maupun keagamaan. Tantangan utama yang dihadapi guru PAI antara lain pengaruh negatif media sosial, kurangnya peran keluarga, dan perbedaan latar belakang siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Ketahanan Moral, Upaya Guru PAI, Era Globalisasi | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:50 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:50 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14688 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |