Fuadiah, Nur Fatihatul (2025) Implementasi Program Ekstrakurikuler Kaligrafi Dalam Meningkatkan Mahāratul Kitābah Peserta Didik Di Mis Tegalrejo Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321082_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2321082_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2321082_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Fuadiah,Nur Fatihatul.2025. “Implementasi Program Ekstrakurikuler Kaligrafi Dalam Meningkatkan Mahāratul Kitābah Peserta Didik di MIS Tegalrejo Pekalongan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Muhammad Alghiffary M.Hum. Kata Kunci: Kegiatan ekstrakurikuler ,Kaligrafi, Mahāratul Kitābah. Penelitian ini dilatarbelakangi implementasi program ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan Mahāratul Kitābah peserta didik di MIS Tegalrejo Pekalongan. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan Mahāratul Kitābah peserta diidk tetapi juga sebagai sarana menyalurkan bakat peserta didik. Fokus penelitian ini adalah:1) Bagaimana implementasi program ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan Mahāratul Kitābah peserta didik di MIS Tegalrejo Pekalongan?, 2) Apa saja kelebihan dan kekurangan dalam program ekstrakurikuler dalam meningkatkan Mahāratul Kitābah peserta didik di MIS Tegalrejo Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis implementasi program ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan Mahāratul Kitābah peserta didik di MIS Tegalrejo Pekalongan. 2) Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan yang dihadapi dalam implementasi program ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan Mahāratul Kitābah di MIS Tegalrejo Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Kegiatan pelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan.Teknik pengumpulan dari dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil dari penelitian ini antara lain; 1) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan Mahāratul Kitābah peserta didik di MIS Tegalrejo Pekalongan dilakukan dengan tiga tahapan yaitu; Pertama, tahap perencanaan,dalam tahap ini pembina dan pelatihmempersiapkan apa yang dibutuhkan pada kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi. Kedua, tahap pelaksanaan, yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Ketiga,tahap evaluasi, pada tahap ini pelatih memberikan penilaian dengan beberapa kriteria. 2) kelebihan kegiatan ekstrakurikule kaligrafi yaitu; meningkatkan minat antusias siswa, meningkatkan Mahāratul Kitābah peserta didik dan sebagai sarana meningkatkan bakat. Kekurangan kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi yaitu waktu yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan ekstrakurikuler ,Kaligrafi, Mahāratul Kitābah. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:37 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 07:37 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |