Peran guru kelas dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas iii MIS Tlogopakis Petungkriyono Pekalongan

Riji'in, Rohimin (2020) Peran guru kelas dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas iii MIS Tlogopakis Petungkriyono Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Guru memiliki peran yang luar biasa bagi arah pengembangan pendidikan di Indonesia keberhasilan suatu pendidikan sangat tergantung dari proses pembelajaran yang dilaksanakan guru. Siswa akan terdorong, memiliki motivasi untuk belajar manakala proses pembelajaran berlangsung efektif dan menyenangkan. Dari permasalahan diatas dirumuskan permasalahan dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana peran guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III MIS Tlogopakis. (2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat peran guru kelas dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III MIS Tlogopakis. Tujuan dari penelitian ini antara lain. (1) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III MIS Tlogopakis (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat peran guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III MIS Tlogopakis. Manfaat yang bisa diperoleh dari penelitian ini untuk menambah pengetahuan tentang peran guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang dilakukan secara interaktif melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atauVerifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat peran guru kelas III MIS Tlogopakis, dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, ditunjukkan dengan penggunaan metode pembelajaran dan pengelolaan kelas, diantaranya menggunakan metode diskusi, metode ceramah, card sort, reading aloud, reading guide. Sedangkan pengelolaan kelas dengan dsain tempat dukuk formasi huruf U, formasi lingkaran, formasi corak tim, kelas tradisional. Guru juga memotivasi peserta didik dengan memberikan dorongan untuk selalu aktif dalam menjawab soal maupun aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, guru memberikan pujian, hadiah, nilai sebagai simbol atas keberhasilan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pembelajaran Efektif, Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 07:00
Last Modified: 11 Jun 2021 07:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1470

Actions (login required)

View Item View Item