Pengaruh Program Klinik Baca Terhadap Kemampuan Literasi Awal Membaca Siswa Di Kelas 1 Sd Negeri Panjang Wetan 4 Pekalongan

Zulfa Isnaini, Naila (2025) Pengaruh Program Klinik Baca Terhadap Kemampuan Literasi Awal Membaca Siswa Di Kelas 1 Sd Negeri Panjang Wetan 4 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.

[img] Text
2321185_NAILA ZULFA ISNAINI_COVER_BAB I BAB V_DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2321185_NAILA ZULFA ISNAINI_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
2321185_NAILA ZULFA ISNAINI_LAMPIRAN_CV.pdf

Download (17MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan literasi awal membaca siswa kelas I SD Negeri Panjang Wetan 4 Pekalongan yang masih belum berkembang secara optimal. Sejumlah siswa menunjukkan kendala dalam mengenal huruf, membaca suku kata, hingga memahami isi teks sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program tersebut terhadap kemampuan literasi awal membaca siswa. Analisis hasil menunjukkan kenaikan skor rata-rata dari 61,38 (pretest) menjadi 80,71 (posttest), menandakan perbaikan substansial pada seluruh indikator kemampuan membaca. Uji regresi linier sederhana menghasilkan R = 0,855 dan R² = 0,731, menegaskan bahwa 73,1 % variasi kemampuan literasi awal siswa dijelaskan oleh pelaksanaan program. Nilai t hitung = 7,740 > t tabel = 2,074 dengan p = 0,0000001 < 0,05 mengindikasikan pengaruh positif dan signifikan secara statistik. Persamaan regresi Y = 29,672 + 0,8037 X menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu satuan intensitas program memprediksi kenaikan 0,8037 poin dalam skor literasi awal. Temuan tersebut menegaskan bahwa Program Klinik Baca efektif memperkuat keterampilan dasar membaca mulai dari fonetik hingga pemahaman teks—pada siswa kelas rendah. Program ini direkomendasikan untuk diimplementasikan secara berkelanjutan dan dikolaborasikan dengan orang tua serta dukungan sekolah guna memaksimalkan budaya literasi di tingkat sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetiaji Prabowo, DimasUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Klinik Baca, Literasi Awal Membaca, Intervensi Terstruktur
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2025 07:15
Last Modified: 17 Jul 2025 07:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14707

Actions (login required)

View Item View Item