Nisa', Siti Karomatun (2025) PENGARUH ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR) DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Undergraduate Thesis thesis, UIN.K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4121077_Cover_Bab I dan bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4121077_full text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
4121077_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
Abstract
Fluktuasi nilai perusahaan dalam indeks Jakarta Islamic Index (JII) mencerminkan ketidakstabilan kinerja pasar saham syariah dan ketidaksesuaian antara teori sinyal dan realitas pasar. Meskipun perusahaan telah menerapkan Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) dan Good Corporate Governance (GCG), tidak selalu diikuti dengan peningkatan nilai perusahaan. Kondisi ini menunjukkan bahwa sinyal yang disampaikan melalui pengungkapan ICSR dan praktik GCG belum tentu ditanggapi positif oleh investor. Selain itu, belum ada kepastian apakah profitabilitas mampu memperkuat hubungan antara ICSR dan GCG terhadap nilai perusahaan. Fenomena tersebut mendorong penelitian ini untuk mengkaji secara empiris pengaruh ICSR dan GCG terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan perusahaan yang tergabung secara konsisten dalam Jakarta Islamic Index (JII) selama periode 2020–2024. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh sebanyak 8 perusahaan dengan total 40 data observasi. Analisis data dilakukan dengan regresi data panel menggunakan software EViews 12, serta pendekatan Random Effect Model dan Moderated Regression Analysis (MRA) untuk menguji pengaruh dan efek moderasi antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) dan Good Corporate Governance (GCG) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun, variabel profitabilitas tidak mampu memoderasi pengaruh keduanya terhadap nilai perusahaan. Dengan demikian, walaupun ICSR dan GCG penting dalam meningkatkan nilai perusahaan, kekuatan sinyal dari keduanya tidak diperkuat oleh tingkat profitabilitas perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Islamic Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Nilai Perusahaan, Prfitabilitas, Jakarta Islamic Index. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 08:26 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 08:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |