Implementasi Media Tebak Tulis Mufradat Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Mts In Banyurip Kota Pekalongan

Subakti, Nur Ilyas (2025) Implementasi Media Tebak Tulis Mufradat Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Mts In Banyurip Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221003_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
221003_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
2221003_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nur Ilyas Subakti. 2025. Impelementasi Media Tebak Tulis Mufradat Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs IN Banyurip Kota Pekalongan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Dr. Muhammad Jaeni, M.Pd.,M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan kurangnya pengaplikasian media pembelajaran, kejenuhan siswa dalam belajar, pembelajaran yang terkesan pasif, hal ini disebabkan sistem pembelajaran yang digunakan masih berpusatkan pada guru sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar bahasa Arab, terutama pada penguasaan kosakatanya. Berdasarkan hasil observasi yang ada menunjukan bahwa kemampuan siswa masih banyak yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yang ditetapkan yakni 73. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui hasil implementasi dan efektifitas dari penggunaan media tebak tulis mufradat terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VIII MTs IN Banyurip Kota Pekalongan. Metode ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilakukan dengan dua siklus, dengan menggunakan media TTM untuk media pembelajarannya. Jenis data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data aktivitas guru, data aktivitas siswa, dan data hasil belajar siswa setelah menggunakan media tebak tulis mufradat. Pengumpulan data ini dilakukan dengan metode observasi untuk mengukur aktivitas siswa dan aktivitas guru. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa, dengan menggunakan alat evaluasi berupa test tertulis yang dilakukan pada akhir setiap siklus. Hasil dari implementasi penggunaan media tebak tulis mufradat dinyatakan bahwa setelah penerapan media tersebut kondisi yang tadinya terkesan membosankan, pasif, pembelajaran berpusatkan pada guru kini terlihat lebih efektif, siswa menjadi lebih aktif dalam mengeksplorasi lingkungan belajar dan guru yang tadinya sekedar terfokuskan pada buku ajar kini semakin berkembang hal ini sesuai dengan adanya hasil observasi penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas guru pada siklus I yaitu 56,25% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu, 46,87% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Selain itu, tingkat efektifitas penggunaan media tersebut pada hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 44,11% meningkat menjadi 88,23% pada siklus II. Dengan demikian penggunaan media tebak tulis mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pada penguasaan kosakata bahasa Arab sangat efektif meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Tebak Tulis Mufradat, Penguasaan Kosakata Bahasa Arab, Madrasah Tsanawiyah.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 02:00
Last Modified: 18 Jul 2025 02:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14782

Actions (login required)

View Item View Item