Akbar, Zulham (2025) Pengembangan Media Crozzword Puzzle Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Di Smp Muhammadiyah Wonopringgo Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2221089_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2221089_FULL TEXT.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2221089_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan yang melatar belakangi pengambilan penelitian ini adalah bertujuan untuk menciptakan media Crozzword Puzzle sebagai alat pembelajaran interaktif yang bisa mendukung siswa dalam memahami dan menguasai kosakata Bahasa Arab dengan cara yang lebih menyenangkan. Rumusan masalah pada peneliti adalah (1) Bagaimana Pengembangan Media Crossword Puzzle dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah Wonopringgo Pekalongan? (2) Bagaimana Kelayakan Media Crossword Puzzle dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah Wonopringgo Pekalongan? Tujuan Pembelajaran untuk mendukung siswa dalam memperluas kosakata mereka dengan cara relevan dan meningkatkan ketrampilan berpikir kritis melalui kegiatan menyelesaikan Crozzword Puzzle. Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti ialah mengunakan penelitian R&D (Research and Development) yaitu penelitian dan pengembangan. Hasil pada pengembangan media Crozzword Puzzle yaitu Pendefinisian (Define) bahwa SMP Muhammadiyah Wonopringgo sering menggunakan Metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran meliputi metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Perancangan (Design) rancangan media yang terdiri dari penyusunan standar tes, pemilihan media, pemilihan format, dan perancangan awal perangkat pembelajaran, Pengembangan (Developmen) Tahap ini merupakan tahap perancangan produk awal yang akan diterapkan dalam proses pembelajaran materi “Bermain Bola Basket” Produk awal yang telah disusun kemudian akan divalidasikan oleh validator yang terdiri dari validasi ahli media, dan validasi ahli materi. Hasil penelitian uji coba validasi (1) Ahli Media presentase 80% berkategorikan “Sangat Valid” (2) Ahli Materi presentase 98,57% dikategorika n “Sangat Valid” serta hasil uji coba produk dengan uji praktikalitas rata-rata 88% sedangkan uji kelayakan produk dengan menggunakan soal pretest dan postest rata-rata 95,71% dengan ini media yang dikembangkan layak dalam kegiatan belajar mengajar, Namun peneliti tidak menggunakan tahap yang terakhir Penyebaran (Disseminate), karena terbatasnya waktu, biaya dan tenaga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran, Crozzword Puzzle, Kosakata Bahasa Arab. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:10 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 03:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14785 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |