Alkhakim, Muhammad Taufiq (2018) Strategi pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kalam Di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftakhul ‘Ulum Pekajangan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I -V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Pondok pesantren Muhammadiyah Miftakhul ‘Ulum Pekajangan Pekalongan adalah pondok pesantren yang meniru pondok pesantren Gontor dengan masa belajar enam tahun agar lulusannya dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Arab secara lisan dan tulisan. Pondok pesantren Muhammadiyah Miftakhul ‘Ulum ini memiliki target akademis untuk dikuasai oleh santri. adapun target akademis yang dikuasai oleh para santri yaitu penguasaan bacaan al-Qur’an, penguasaan dalam beribadah, dan penguasaan hafalan al-Qur’an juz 30, serta penguasaan dalam bahasa Arab. Selain itu, di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftakhul ‘Ulum terdapat seseorang musyrif. Musyrif adalah seseorang yang tinggal di dalam lingkungan pondok pesantren sebagai pembimbing atau ustadz. Adapun tugas musyrif di pondok pesantren Muhammadiyah Miftakhul ‘Ulum yaitu membimbing keadaan santri mulai dari aspek ibadah, spiritual, akhlaq, bahasa, dan akademik siswa. Musyrif di pondok pesantren Muhammadiyah Miftakhul ‘Ulum ini juga memiliki keterampilan berbahasa Arab. Musyrif juga disebut sebagai ustadz atau pendidik tentunya memiliki rasa bertanggungjawab, pemahaman ilmu pengetahuan yang mumpuni guna mendidik para santri dalam proses belajar mengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai baik di kelas maupun di luar kelas. Dengan demikian, seseorang musyrif dapat menjadi contoh sebagai teladan yang baik, dan mampu meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab para santri baik lisan maupun tulisan di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftakhul ‘Ulum Pekajangan Pekalongan. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan permasalahannya, yaitu: (1) Bagaimana strategi pembelajaran bahasa Arab maharah kalam pada santri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftakhul ‘Ulum Pekajangan? dan (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi pembelajaran bahasa Arab maharah kalam di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftakhul ‘Ulum Pekajangan? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif (kualitatif), dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini, sumber data primer adalah musyrif dan santri Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftakhul ‘Ulum Pekajangan. Adapun sumber data sekunder adalah buku-buku, sumber dari arsip, dan dokumen lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Penelitian yang penulis lakukan menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut: Pertama, strategi pembelajaran bahasa Arab maharah kalam di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftakhul ‘Ulum Pekajangan menggunakan strategi pembelajaran melalui pengalaman, yang berpusat pada aktivitas siswa (student centered). Yaitu melalui kegiatan-kegiatan penunjang dalam keterampilan berbicara Arab, antara lain kegiatan Ilqo’ (menghafal mufrodat), kegiatan muhadatsah (latihan Bercakap-cakap), dan muhadhoroh (latihan berpidato). Metode yang diterapkan dalam pembelajaran maharah kalam di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftakhul ‘Ulum Pekajangan adalah metode muhadatsah, metode mahfudzat, mim mem method, dan practice teori method. Teknik yang dilakukan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftakhul ‘Ulum Pekajangan adalah teknik pengajaran kemahiran berbicara bahasa Arab melalui latihan/kegiatan berbicara (latihan percakapan, menghafalkan model dialog dan berpidato). Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi pembelajaran bahasa Arab maharah kalam di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftakhul ‘Ulum Pekajangan. Faktor pendukung, antara lain: kompetensi musyrif sebagai pembimbing dan pendidik dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab, dan musyrif sebagai role model bagi santri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftakhul ‘Ulum Pekajangan. Kemudian dengan iklim belajar atau suasana lingkungan belajar yang nyaman, serta adanya dukungan dari masyarakat. Faktor penghambat, antara lain: latar belakang pendidikan santri yang beragam, dan dan pembiasaan yang kurang optimal dikarenakan terbiasa dengan menggunakan bahasa Ibu atau bahasa Indonesia dalam berkomunikasi pada kehidupan sehari-hari di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftakhul ‘Ulum Pekajangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Maharah Kalam | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Sultan Mubarok | ||||||||
Date Deposited: | 28 Apr 2020 06:53 | ||||||||
Last Modified: | 28 Apr 2020 06:53 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/148 |
Actions (login required)
View Item |