Cahyati, Evi (2025) Metode Eklektik Dalam Maharah Kitabah Pembelajaran Bahasa Arab Pada Mahasiswa Piba UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2221071_COCER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2221071_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2221071_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) |
Abstract
Arab sebagai kurikulum keagamaan. Keterampilan menulis (Mahārah kitābah) salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran bahasa Arab, namun seringkali menjad tantangan besar bagi mahasiswa terutama dilingkungan program intensif bahasa Arab PIBA di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini berfokus bagaimana pelaksanaan metode eklektik diterapkan dalam pembelajaran kitābah dan bagaimana metode tersebut menjawab kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam menguasai keterampilan menulis bahasa Arab. penelitian ini juga mencari kendala yang dihadapi mahasiswa PIBA untuk menguasai keterampilan menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode lapangan (field research). Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap tutor dan mahasiswa PIBA angkatan 2024. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Dengan teknik keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan teknik. Fokus penelitian diarahkan terhadap metode eklektik yang merupakan gabungan dari berbagai metode diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eklektik efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Penggabungan beberapa metode seperti ceramah, imla, gramatikal-tarjamah, dan diskusi menjadikan proses pembelajaran lebih variatif, partisipatif, dan reflektif. Namun demikian, masih terdapat kendala dalam pelaksanaan, seperti perbedaan kemampuan dasar mahasiswa, keterbatasan waktu, serta hambatan dalam penguasaan kosakata dan struktur kalimat bahasa Arab. Secara keseluruhan, metode eklektik mampu menjadi solusi yang adaptif dan aplikatif dalam pembelajaran mahārah kitābah di lingkungan program intensif bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Eklektik, Mahārah kitābah Pembelajaran bahasa Arab menjadi peran penting dalam dunia pendidikan, terutama di Indonesia yang menjadikan bahasa | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:19 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:19 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |