Reza, Hidayat (2025) Manajemen Pembelajaran metode iqro’ dalam meningkatkan bacaan al-qur'an santri di TPQ Al-Hikmah desa Ketanonageng Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
REZA HIDAYAT _2121115_COVER_BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSAKA.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
REZA HIDAYAT _2121115_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
|
Text
REZA HIDAYAT _LAMPIRAN_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan bacaan Al-Qur’an santri di TPQ AlHikmah Desa Ketanonageng Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. Fokus penelitian ini meliputi tiga aspek utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran metode Iqro’. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala TPQ, ustadz/ustadzah, dan santri kelas IV sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran metode Iqro’ di TPQ Al-Hikmah dilakukan dengan perekrutan tenaga pendidik yang menguasai bacaan Al-Qur’an dan tajwid serta memiliki keikhlasan dalam mengajar. Pembagian kelas disesuaikan dengan usia dan kemampuan santri untuk menjaga kenyamanan dan motivasi belajar. Pelaksanaan pembelajaran menekankan pada metode individual, penyesuaian tempo, dan pendekatan kasih sayang. Evaluasi dilakukan secara berkala oleh guru untuk mengukur kemajuan bacaan santri berdasarkan kelancaran, ketepatan tajwid, serta pelafalan huruf hijaiyah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa manajemen pembelajaran metode Iqro’ di TPQ Al-Hikmah telah diterapkan secara sistematis dan mampu meningkatkan kemampuan bacaan Al-Qur’an santri, khususnya dalam aspek kelancaran membaca, penerapan tajwid, dan keaktifan belajar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Metode iqro’, pembelajaran, santri | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:04 | ||||||||
| Last Modified: | 25 Sep 2025 07:07 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
