Implementasi metode drill untuk meningkatkan penguasaan mufradāt bahasa arab kelas ix MTs Al-Mu’awanah Petarukan Pemalang

Fudla, Syifqotul (2025) Implementasi metode drill untuk meningkatkan penguasaan mufradāt bahasa arab kelas ix MTs Al-Mu’awanah Petarukan Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220127_SYIFQOTUL FUDLA_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220127_SYIFQOTUL FUDLA_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2220127_SYIFQOTUL FUDLA_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal dalam pembelajaran Mufrdat Bahasa Arab . Pertama, rendahnya kosakata yang dimiliki pada siswa, megakibatkan kesulitan dalam belajar bahasa Arab. Kesulitan ini terlihat siswa yang kesulitan menerjemahkan kosakata atau teks Bahasa Arab. Kedua, minimnya sarana prasarana sekolah yang menjadikan guru masih menggunakan metode ceramah, dimana metode tersebut bisa dibilang membosankan dan membuat anak kurang termotivasi untuk menghafal kosakata dan belajar Bahasa Arab. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana implementasi metode drill dalam pembelajaran mufradāt Bahasa Arab pada siswa kelas IX MTs Al-Mu’awanah Petarukan Pemalang. Kedua Bagaimana hambatan implementasi metode drill dalam meningkatkan penguasaan mufradāt Bahasa Arab pada siswa kelas IX MTs Al-Mu’awanah Petarukan Pemalang. Ketiga, Bagaimana solusi mengatasi hambatan implementasi metode drill dalam meningkatkan penguasaan mufradāt Bahasa Arab pada siswa kelas IX MTs AlMu’awanah Petarukan Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Menggunakan Teknik keabsahan data berupa triangulasi sumber, triangulasi Teknik dan triangulasi waktu. Adapun teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode drill untuk meningkatkan penguasaan mufradāt Bahasa Arab kelas IX MTs Al-Mu’awanah Petarukan Pemalang, terdapat tiga tahapan. Pertama tahap perencanaan dengan merencankan RPP terlebih dahulu. Kedua tahap pelaksanaan, pada tahap ini terdapat tiga kegiatan yang dilakukan oleh pengajar yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Ketiga tahap evaluasi, yang diberikan oleh pengajar dalam bentuk tes formatif dan sumatif. Adapun hambatan implementasi metode drill untuk meningkatkan penguasaan mufradāt Bahasa Arab kelas IX MTs Al-Mu’awanah yaitu: latar belakang siswa yang berbeda-beda, siswa yang kurang konsentrasi dalam pembelajaran, proses pembelajaran yang dirasa monoton. Solusi dalam mengatasi hambatan implementasi metode drill yaitu: memberikan motivasi kepada siswa, pemberian media pembelajaran yang mendukung dan menarik, membangun suasana belajar yang menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyukron, Akhmad AufaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode drill, penguasaan mufradāt dan bahasa arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 03 Nov 2025 09:06
Last Modified: 03 Nov 2025 09:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14819

Actions (login required)

View Item View Item