Strategi pemasaran simpanan qurban di Kopena Pekalongan

Handayani, Dwi (2020) Strategi pemasaran simpanan qurban di Kopena Pekalongan. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Simpanan Qurban ini ada karena usulan dari masukan dan inspirasi respon dari nasabah (anggota) kopena itu sendiri yang menginginkan berkurban dengan biaya yang lebih murah dan terjangkau, dan ternyata usulan itu pun terealisasi walau awalnya kurang diminati tetapi ternyata dari tahun ke tahun peningkatan peminat bertambah, itu artinya banyak masyarakat yang mulai mengerti pentingnya berkurban. Menurut M. Ihson (selaku Divisi Umum), program Siqurma memang masih baru namun di tahun pertama sudah mendapat perhatian dari nasabah sejumlah 600 nasabah yang sudah bergabung dan ditargetkan 2000 nasabah di tahun kedua bisa terlaksana. Dari data yang diperoleh simpanan qurban mengalami peningkatan jumlah nasabah dari tahun 2017 sebesar 477, tahun 2018 sebesar 525 dan di tahun 2019 sebesar 1.088. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Simpanan Qurban dan kendala yang dihadapi dalam memasarkan Simpanan Qurban di KOPENA Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data deskriptif.Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini KOPENA Pekalongan dalam memasarkan produk simpanan qurbanadalah dengan menggunakan strategi bauran pemasaran /Marketing Mix yang meliputi produk (Product), harga (Price), tempat (Place), promosi (Promotion), orang (People), bukti fisik (Physical Evidence), dan proses (Process). Selain menggunakan strategi bauran pemasaran diatas, media yang digunakan KOPENA Pekalongan dalam mempromosikan simpanan qurban antara lain: dengan cara rumah ke rumah / door to door, radio, dan brosur. Terdapat faktor kendala dalam strategi pemasaran simpanan qurban antara lain adanya lembaga keuangan sejenis yang juga memiliki produk simpanan qurban, kurangnya komunikasi dengan pegawai , hanya mengandalkan media sosial yang itu-itu saja seperti brosur, radio dan door to door (rumah ke rumah), kurangnya inormasi akan manfaat pentingnya berqurban kepada sesama nya dan alasan berqurban hanya karena dorongan ingin dipuji oleh orang lain dalam berbagi bukan dari diri sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Faktor-faktor Minat Anggota
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 14 Jun 2021 04:18
Last Modified: 14 Jun 2021 04:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1487

Actions (login required)

View Item View Item