Strategi Komunikasi Desain Visual Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah (Studi Kasus Pada Desain Kaos Akun Instagram Muhajirin Official)

Kasogi, Adnan (2025) Strategi Komunikasi Desain Visual Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah (Studi Kasus Pada Desain Kaos Akun Instagram Muhajirin Official). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420132_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3420132_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Potensi desain visual dalam menyampaikan pesan dakwah sangat besar, terutama di era digital yang didominasi oleh konsumsi visual. Melalui elemen desain seperti warna, tipografi, ikonografi, dan ilustrasi, pesan dakwah dapat dikemas secara kreatif, menarik, dan mudah dipahami oleh audiens dari berbagai kalangan. Desain yang efektif mampu menciptakan keterikatan emosional dengan audiens, sehingga mereka tidak hanya melihat produk sebagai barang fashion, tetapi sebagai simbol identitas Islam. Maka dari itu, penelitian ini berfokus pada judul “Strategi Komunikasi Desain Visual dalam Menyampaikan Pesan Dakwah dikalangan Audiens (Studi Kasus Pada Desain Kaos Akun Instagram Muhajirin Offficial)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi penyampaian pesan dakwah melalui desain visualpada produk kaos di akun instagram Muhajirin Official dan bagaimana persepsi audiens terhadap penyampainpesan dakwah melalui desain visual pada produk kaos di akun instagram Muhajirin Official. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Library research. Library research adalah metode penelitian yang dilakukan melalui kajian pustaka, yaitu menelaah berbagai referensi dan teori yang telah ada untuk menganalisis suatu fenomena, konsep, atau isu tertentu.. Selanjutnya, akan dianalisi lebih lanjut menggunakan Teori Desain visual Gestalt dan Teori Teori Persepsi Jalaluddin Rakhmat. Hasil penelitian dari analisis data pada judul diatas dengan menggunakan Teori Desain visual Gestalt dan Teori Teori Persepsi Jalaluddin Rakhmat, maka dapat disimpulkan bahwa strategi penyampaian pesan dakwah melalui desain visual pada produk kaos di toko Muhajirin Official menggunakan teori gestalt yaitu prinsip kesamaan, prinsip kedekatan, prinsip penutupan, prinsip kesinambungan, dan terakhir prinsip figur latar. Semua desain visual tersebut memiliki nilai dakwah yaitu untuk mengingatkan umat Muslim mengenai sejarah Islam. Serta dari teori persepsi jalaluddin rakhmat bahwa persepsi audiens terhadap desain visual di toko Muhajirin Official berdasarkan teori Jalaluddin Rakhmat yaitu yang pertama sensasi, kedua atensi, ketiga interpretasi dan yang terakhir respon dari audiens di instagram sangat positif yang berarti toko MuhajirinOfficial mampu memberikan desain yang menarik sehingga menuai respon positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIzzati, Firda AuliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Desain, visual, Muhajirin.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 22 Jul 2025 01:46
Last Modified: 22 Jul 2025 01:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14872

Actions (login required)

View Item View Item