Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Negeri 1 Comal

Choirunisa, Luthfiah (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Negeri 1 Comal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Adurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (942kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa dalam memahami materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas IX SMP Negeri 1 Comal. Proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru serta keterbatasan media pembelajaran menyebabkan siswa kesulitan memahami konsep SPLDV. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) yang dirancang untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa melalui pendekatan multisensori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Negeri 1 Comal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Comal yang dipilih secara purposive yaitu kelas IX I. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dalam bentuk essay yang diberikan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) penerapan model pembelajaran SAVI. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran SAVI. Niali rata-rata pada pretest adalah 66,40, di mana sebagian besar siswa masih dibawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Sedangkan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 80,53 dengan sebagian besar siswa sudah mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Hasil ini diperkuat dengan uji statistik paired sample t test yaitu sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model SAVI terhadap hasil belajar matematika tergolong signifikan dan memiliki nilai effect size tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi SPLDV dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran inovatif dalam meningkatkan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMajid, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran SAVI, hasil belajar, matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Choirunisa Luthfiah
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:18
Last Modified: 18 Jul 2025 03:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14921

Actions (login required)

View Item View Item