Rizqiana, Arina (2025) Pengaruh Metode Project based learning Dalam pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
ARINA RIZQIANA_2120216_COVER_BAB 1_BAB V.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
ARINA RIZQIANA_2120216_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
![]() |
Text
ARINA RIZQIANA_2120216_LAMPIRAN_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kualitas pembelajaran di madrasah sangat dipengaruhi oleh metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi. Di MTs YMI Wonopringgo, rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak menunjukkan bahwa metode konvensional yang masih sering digunakan belum mampu membangkitkan minat dan keterlibatan aktif peserta didik. Kurikulum Merdeka memberikan peluang bagi guru untuk menerapkan pembelajaran yang lebih inovatif dan bermakna, salah satunya adalah metode Project based learning (PjBL) yang dikombinasikan dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi agar mampu menjawab kebutuhan belajar siswa yang beragam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkan PjBL dalam pembelajaran berdiferensiasi? (2) Apakah terdapat pengaruh PjBL dalam pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar Akidah Akhlak? dan (3) Seberapa besar pengaruh PJBL berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode Project based learning dalam pembelajaran berdiferensiasi serta untuk menganalisis pengaruh dan seberapa besar terhadap peningkatan hasil belajar Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain preexperimental jenis one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F MTs YMI Wonopringgo sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji-t menggunakan aplikasi SPSS Statistics 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest siswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Rata-rata hasil belajar meningkat dari 71,67 menjadi 88,19 setelah diterapkan metode PjBL berdiferensiasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Project based learning dalam pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dalam merancang pembelajaran inovatif yang adaptif terhadap karakteristik peserta didik, serta menjadi kontribusi nyata dalam penerapan Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Project based learning, Berdiferensiaasi | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 08:09 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 08:09 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14946 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |