Pengaruh Kecemasan Mengajar Matematika Terhadap Kreativitas Mengajar Pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Prodi Tadris Matematika Angkatan 2021 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Salsabila, Nur (2025) Pengaruh Kecemasan Mengajar Matematika Terhadap Kreativitas Mengajar Pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Prodi Tadris Matematika Angkatan 2021 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621025_Bab I dan Bab V.pdf

Download (67MB)
[img] Text
2621025_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[img] Text
2621025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kecemasan mengajar yang dialami mahasiswa Tadris Matematika saat mengikuti microteaching, seperti tangan gemetar, suara bergetar, kesulitan berkonsentrasi, bahkan sering melupakan salam pembuka atau doa penutup dalam simulasi mengajar. Gejala tersebut menunjukkan bahwa sebagian mahasiswa belum siap secara mental saat berada di depan kelas. Kecemasan ini berpotensi berlanjut saat mahasiswa melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang merupakan praktik mengajar secara langsung di sekolah, dan hal ini dapat berdampak pada rendahnya kreativitas dalam menyampaikan materi. Padahal, kreativitas mengajar merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki calon guru untuk merancang pembelajaran inovatif, menarik, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan mengajar matematika, tingkat kreativitas mengajar matematika, serta pengaruh antara keduanya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Metode tersebut memungkinkan peneliti untuk mengamati hubungan antar variabel tanpa melakukan manipulasi langsung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 69 mahasiswa dari total populasi sebanyak 83 mahasiswa Prodi Tadris Matematika Angkatan 2021, yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas untuk memastikan keakuratan pengukuran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki kecemasan mengajar matematika dalam kategori sedang (47,8%) dan kreativitas mengajar dalam kategori sedang pula (50,7%). Uji regresi menunjukkan adanya pengaruh negatif dan signifikan antara kecemasan mengajar terhadap kreativitas mengajar, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi -0,345. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,177 menunjukkan bahwa 17,7% kreativitas dipengaruhi oleh kecemasan. Temuan ini menjadi dasar penting bagi institusi untuk mengembangkan pelatihan yang menumbuhkan keberanian dan kreativitas mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetyawan, M. AdinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Mengajar, Kreativitas Mengajar, PPL, Mahasiswa, Tadris Matematika
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 06:41
Last Modified: 18 Jul 2025 06:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14977

Actions (login required)

View Item View Item