Anninda, Farkha (2025) Strategi Bimbingan Islam dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Santri Panti Asuhan Darul Hadlonah Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3519058_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
3519058_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
3519058_Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Anninda Farkha. 3519058. Strategi Bimbingan Islam dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Santri Panti Asuhan Darul Hadlonah Batang, skripsi, Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen pembimbing skripsi: Dr.Maskhur, M.Ag Kata kunci : Strategi bimbingan Islam, motivasi belajar. Motivasi sangat penting dalam proses kegiatan belajar. Motivasi mendorong semangat belajar dan sebaliknya kurang adanya motivasi akan melemahkan semangat belajar. Motivasi merupakan syarat mutlak dalam belajar. Seorang siswa yang belajar tanpa motivasi atau kurang motivasi tidak akan berhasil dengan maksimal. Selain motivasi dalam diri seseorang, dalam proses belajar dipengaruhi juga oleh motivasi dari luar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis motivasi belajar santri di Panti Asuhan Darul Hadlonah Batang serta untuk mengetahui gambaran strategi bimbingan Islam dalam menumbuhkan motivasi belajar santri di Panti Asuhan Darul Hadlonah Batang. Penelitian ini menggunakan teori bimbingan Islam dan teori motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologis yang di maksud dalam penelitian ini adalah pendekatan yang didasarkan pada kondisi obyektif santri yang diteliti dengan mempertimbangkan keadaan yang di hadapi oleh santri khususnya pada saat pembelajaran berlangsung dan keadaan pendidik saat melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini membahas strategi bimbingan Islam dalam menumbuhkan motivasi belajar santri di Panti Asuhan Darul Hadlonah Batang. Fokus utama penelitian ini adalah menggali pendekatan-pendekatan bimbingan yang berbasis nilai-nilai keislaman dan peranannya dalam membentuk semangat belajar santri yang tinggal di lingkungan panti asuhan. Metode pengumpulan data yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian perorangan, kelompok, dan organisasi serta lingkungan Panti Asuhan Darul Hadlonah Batang dan berdasarkan arsip-arsip di Panti Asuhan Darul Hadlonah Batang.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan Islam dilaksanakan melalui berbagai kegiatan seperti pengajian rutin, pembinaan ibadah harian, ceramah motivasi, dan pendekatan individual yang menekankan pada nilai-nilai keikhlasan, tanggung jawab, dan ketekunan. Strategi ini terbukti mampu meningkatkan minat dan disiplin santri dalam belajar, serta menumbuhkan kesadaran spiritual sebagai pendorong utama dalam meraih prestasi. Temuan ini menegaskan pentingnya peran bimbingan keagamaan dalam dunia pendidikan, khususnya di lingkungan panti asuhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi bimbingan Islam, motivasi belajar. | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 08:08 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 08:08 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15009 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |