Sulistiawati, Nur Ika (2020) Implementasi pengembangan kreativitas anak usia dini melaluialat permainan edukatif barang bekas kardus kelompok b di RAM NU Karangdadap tahun ajaran 2019-2020. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover hal I dan V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Kreativitas adalah suatu kondisi, sikap, atau keadaan yang sangat khusus sifatnya dan hampir tidak mungkin dirumuskan secara tuntas. Kreativitas dapat didefinisikan dalam beraneka ragam pernyataan tergantung siapa dan bagaimana menyorotinya. Istilah kreativitasdalam kehidupan sehari-hari atau pada umumnya selalu dikaitkan dengan prestasi yang istimewa dalam menciptakan sesuatu yang baru, menemukan cara-cara pemecahan masalah yang tidak dapat ditemukan oleh kebanyakan orang, ide-ide baru, dan melihat adanya berbagai kemungkinan. Pentingnya pengembangan kreativitas pada anak usia dini adalah adanya kebebasan dan keamanan psikologis dalam diri anak untuk mengembangkan kondisi bagi perkembangan kreativitas. Kardus adalah suatu barang yang biasa digunakan sebagai pelindung atau bahan untuk melindungi produk yang dibiasa mengemas suatu barang selama distribusi dari produsen hingga sampai pada konsumen. Adapun manfaat barang bekas kardus bagian akusia dini adalah sebagai bahan dasar dalam kegiatan seni dan kerajinan tangan. Adapun rumusan masalah 1) Bagaimana implementasi pengembangan kreativitas Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif barang bekas kardus kelompok B di RAM NU Karangdadap2019-2020. 2) Bagaimanaperan guru dalam implementasi pengembangan kreativitas Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif barang bekas kardus kelompok B di RAM NU Karangdadap2019-2020. 3) Faktor apasaja yang mendukung dan menghambat dalam implementasi pengembangan kreativitas Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif barang bekas kardus kelompok B di RAM NU Karangdadap 2019-2020. Adapun tujuan penelitian adalah 1) Untukmendiskripsikan implementasi pengembangan kreativitas Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif barang bekas kardus kelompok B di RAM NU Karangdadap. Untuk mendiskripsikan peran guru dalam implementasi pengembangan kreativitas Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif barang bekas kardus kelompok B di RAM NU Karangdadap. 3) Untuk mendiskripsikan factor pendukung dan penghambat implementasi pengembangan kreativitas Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif barang bekas kardus kelompok B di RAM NU Karangdadap. Adapun kegunaannya adalah denganmembuat Alat Permainan Edukatif dari barang bekas kardus dalam praktik pembelajaran diharapkan dapat mengembangkan kreativitassejakdinipadaMetode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian lapangan adalah penelitian yang dilakukan dikancah atau tempat terjadiny agejala-gejala yang diselidiki. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatankualitatif, yaitupendekatan yang dimaksudkan untuk memahami uatu fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, tindakan, dan lain-lain. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa implementasi pengembangan kreativitas anak usia dini melalui 3 tahap, ada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Peran guru dalam pengembangan kreativitas anak usia dini guru sebagai fasilitator dan penanggung jawab pembelajaran. Dan faktor pendukung yaitu emosi anak dan sarana prasarana yang memadai serta faktor penghambat pengembangan kreativitas anak usia dini yaitu kaeadaan emosi anak yang tidak terkondisikan dan keteledoran guru. Jiwa kreativitas anak bisa dikembangkan sejak anak usia dini dengan berbagai macam stimulus salah satunya yaitu menggunakan alat permainan edukatif barang bekas kardus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Alat permainan edukatif, bahan bekas kardus, kreativitas | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jun 2021 01:11 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jun 2021 01:11 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1502 |
Actions (login required)
View Item |