Putriani., Rizky (2025) Penerapan Metode Permainan Berbantuan Media Flashcard Pada Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa Di Kelas III SDN Waru Lor Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321085_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (450kB) |
![]() |
Text
2321085_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (956kB) |
![]() |
Text
19 LAMPIRAN DOKUMENTASI (RIZKY PUTRIANI).pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
Abstract
Kurangnya minat belajar siswa terhadap materi Bahasa Jawa menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan agar siswa lebih tertarik dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Media flashcard sangat membantu guru dalam menyampaikan materi dan membangkitkan semangat belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode permainan berbantuan media flashcard dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi Aksara Jawa di kelas III SDN Waru Lor Kabupaten Pekalongan? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan metode permainan berbantuan media flashcard dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi Aksara Jawa di kelas III SDN Waru Lor Kabupaten Pekalongan? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Jawa dan siswa kelas tiga SDN Waru Lor Kabupaten Pekalongan. Adapun sumber data sekundernya adalah sumber data tertulis yang didapatkan melalui buku, jurnal, dan arsip. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode permainan berbantuan media flashcard dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi Aksara Jawa di kelas III SDN Waru Lor guru telah mempersiapkan materi, media flashcard, aturan main, petunjuk permainan, dan pembagian waktu dengan baik. Pada tahap pelaksanaan, pembelajaran berlangsung dalam lima tahap, yaitu: pendahuluan, penjelasan materi, penjelasan aturan dan petunjuk, pelaksanaan permainan, dan penutup. Kendala yang muncul, seperti keterbatasan waktu dan siswa yang terlalu ramai, dapat diatasi dengan pengarahan guru yang tepat. Suasana belajar menjadi lebih aktif, siswa lebih antusias dan mudah mengingat huruf-huruf Aksara Jawa melalui permainan. Faktor pendukung penerapan metode permainan berbantuan media flashcard dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi Aksara Jawa di kelas III SDN Waru lor antara lain: keaktifan siswa, media pembelajaran yang cukup memadai, dan lingkungan belajar yang nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: terbatasnya sarana dan prasarana dan keterbatasan kemampuan siswa dalam menghafal
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Permainan, Media Flashcard, Bahasa Jawa, Aksara Jawa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:56 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:56 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |