Pengaruh Media Sosial, Inovasi Produk, Dan Modal Terhadap Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kabupaten Pekalongan Tahun 2024

Maulana, Fizal (2025) Pengaruh Media Sosial, Inovasi Produk, Dan Modal Terhadap Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kabupaten Pekalongan Tahun 2024. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.

[img] Text
FAIZAL MAULANA_4120140_COVER _BSAB 1_BAB V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FAIZAL MAULANA_4120140_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
FAIZAL MAULANA_4120140_LAMPIRAN-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) tumbuh subur di sejumlah daerah. Minimnya lapangan pekerjaan yang ada menjadi hal utama mengapa UMKM begitu menjamur. Oleh karena itu UMKM menjadi pilihan yang cukup diminati oleh masyarakat. . Hal ini karena, usaha mikro kecil menengah merupakan sektor usaha yang memiliki jumlah terbesar dengan daya serap angkatan kerja yang signifikan. Maka dari itu perlu adanya pengembangan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pengembangan daya saing UMKM, secara langsung merupakan upaya dalam rangka peningkatan kesejahteraan rakyat banyak, sekaligus mempersempit kesenjangan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial, inovasi produk, dan modal terhadap pertumbuhan umkm. Sebanyak 100 responden para pelaku usaha dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Adapun data pada penelitian ini diperoleh melalui kuesioner. Hasil penelitian diperoleh Media Sosial memiliki pengaruh terhadap Pertumbuhan UMKM. Inovasi produk memiliki pengaruh terhadap Pertumbuhan UMKM. Modal memiliki pengaruh terhadap Pertumbuhan UMKM. Media Sosial, Inovasi Produk, dan Modal memiliki pengaruh secara simultan terhadap Pertumbuhan UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAsytuti, RindaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Inovasi Produk, Modal, Bisnis
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 18 Jul 2025 08:54
Last Modified: 18 Jul 2025 08:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15038

Actions (login required)

View Item View Item