AZHAR, MOH. ZUHDAN (2025) Strategi Kepala Madrasah Dalam Mempertahankan Eksistensi Budaya Islami di MTs S Simbang Kulon 1 dan MTs Muhammadiyah Pekajangan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2120214_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2120214 Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2120214_lampiran.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam mempertahankan eksistensi budaya Islami serta kendala yang dihadapi dalam implementasinya di MTs Salafiyah Simbang Kulon I dan MTs Muhammadiyah Pekajangan Kabupaten Pekalongan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kekhawatiran akan semakin memudarnya budaya Islami di lingkungan pendidikan akibat pengaruh budaya luar yang cenderung bertentangan dengan nilai-nilai Islam. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif komparatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru agama, dan siswa dari kedua madrasah yang menjadi objek penelitian. Data dianalisis menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala madrasah dalam mempertahankan budaya Islami di MTs S Simbang Kulon 1 dan MTs Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: (1) perencanaan strategi seperti perumusan visi dan misi serta kebijakan berbasis nilai Islami; (2) implementasi melalui pembiasaan ibadah, keteladanan guru, dan program-program keislaman; serta (3) evaluasi secara berkala untuk memastikan keberlangsungan program. Kendala yang dihadapi antara lain kurangnya kesadaran siswa terhadap pentingnya budaya Islami, keterbatasan sarana prasarana, serta pengaruh negatif dari lingkungan luar sekolah. Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan gambaran strategi kepala madrasah dalam mempertahankan budaya Islami di tingkat madrasah tsanawiyah atau yang sederajat. Secara teoritis, penelitian ini memperkaya kajian tentang manajemen budaya Islami di lembaga pendidikan. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi kepala madrasah dan guru dalam merancang strategi pembinaan karakter Islami yang sesuai dengan kondisi dan visi lembaga Dengan strategi yang tepat dan peran kepemimpinan kepala madrasah yang kuat, kedua madrasah mampu menjaga dan mengembangkan budaya Islami sebagai karakteristik utama dalam proses pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kepala Madrasah, Budaya Islami, Pendidikan Islam, MTs | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 01:17 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 01:17 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |