Menanamkan sikap percaya diri anak dalam berbahasa indonesia dengan metode bercerita di TK Pelita Ananda kota Pekalongan

Dewi, Diah Kusuma (2020) Menanamkan sikap percaya diri anak dalam berbahasa indonesia dengan metode bercerita di TK Pelita Ananda kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Karakter percaya diri merupakan suatu sikap dimana anak mempunyai keyakinan atas dorongan kemampuan dari dirinya sendiri sehingga anak tersebut mampu melakukan tindakan- tindakan untuk tampil percaya diri saat berinteraksi dihadapan orang banyak. Peran guru merupakan salah satu hal utama dari penanaman sikap percaya diri anak agar anak mampu menjadi pribadi yang memiliki percaya diri yang tinggi.Dari beberapa pembelajaran yang ada, pembelajaran bercerita merupakan pembelajaran yang sangat efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri anak.Dengan mengajarkan anak menggunakan bahasa Indonesia saat anak melakukan pembelajaran bercerita dari situlah anak belajar untuk mencintai negerinya sendiri. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah Bagaimana cara menanamkan sikap percaya diri anak dalam berbahasa Indonesia dengan metode bercerita di TK Pelita Ananda Kota Pekalongan?,dan Bagaimana sikap percaya diri anak dalam berbahasa Indonesia dengan metode bercerita di TK PelitaAnanda Kota Pekalongan? Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan(Field Research).Teknik pengumpulan datanya menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi.Jenis analisis yang digunakanya itu analisis deskriptif. Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dibuat maka penulisakan menyimpulkan bahwa : cara menanamkan sikap percaya diri anak dalam berbahasa Indonesia dengan metode bercerita di TK Pelita Ananda Kota Pekalonganyaitu: yang pertama berikan contoh bercerita yang baik kepada anak saat kita bercerita dihadapan anak- anak ag anak tersebut mau mencontohnya, yang kedua berikan semangat dan stimulus kepada anak saat mereka mulai grogi ketika bercerita dihadapan orang banyak banyak, yang ketiga berikan rangsangan kepada anak sebelumnya agar anak mau bercerita dihadapan orang banyak, yang keempat biasakan anak untuk melakukan segala sesuatunya secara mandiri khusunya dalam pembelajaran bercerita agar anak memiliki sikap percaya yang tinggi. Adapun jika dilihat dari sikap anak setelah dilakukannya pembelajaran bercerita untuk meningkatakan rasa percaya diri anak,di TK PelitaAnanda Kota Pekalongan peserta didiknya sudah lebih bisa komunikatif menghadapi orang banyak dan sikap percaya dirinya juga sudah dapat berkembang dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: PercayaDiri, Berbahasa Indonesia, MetodeBercerita
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 15 Jun 2021 07:13
Last Modified: 15 Jun 2021 07:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1507

Actions (login required)

View Item View Item