Muna, Nailul (2025) Pengaruh integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran matematika terhadap minat dan hasil belajar siswa. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2618066_Cover, Bab I dan Bab V.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
2618066_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
2618066_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan kurang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Di MA Yapensa Jenggot, rendahnya minat belajar matematika berdampak pada hasil belajar siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut melalui integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh integrasi nilainilai Islam terhadap minat belajar siswa, (2) mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa, dan (3) mengetahui hubungan antara minat dan hasil belajar siswa pada integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MA Yapensa Jenggot, dengan sampel sebanyak 54 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen (27 siswa) dan kelas kontrol (27 siswa). Instrumen penelitian meliputi angket minat belajar dan tes hasil belajar materi trigonometri. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan data berdistribusi normal (p=0,082) dan homogen (p=0,226). Uji hipotesis dengan uji-t menghasilkan thitung > ttabel (p=0,000), yang menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen meningkat dari 66,48 menjadi 79,72, sedangkan kelas kontrol hanya dari 65,12 menjadi 68,33. Analisis korelasi Pearson menunjukkan hubungan positif antara minat dan hasil belajar (r=0,65). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) integrasi nilai-nilai Islam secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa, (2) secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, dan (3) terdapat hubungan positif antara minat belajar dengan hasil belajar. Implikasi penelitian ini adalah model pembelajaran terintegrasi nilai Islam dapat dijadikan sebagai alternatif inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Integrasi nilai islam, pembelajaran matematika, minat belajar, hasil belajar, quasi eksperimen | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:00 | ||||||||
Last Modified: | 07 Oct 2025 02:04 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15080 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |