Naila, Nur (2025) Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Maharah Kalam Di Era Kurikulum Merdeka Kelas VIII Mts NU Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2218103 - Bab I dan Bab V.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
2218103 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2218103 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Keefektifan pembelajaran didapatkan dari sebuah metode, model ataupun media yang digunakan selama mata pelajaran berlangsung. MTs NU Tirto yang notabenenya sudah aktif menggunakan pendekatan kontekstual ini berbasis kurikulum yang berlaku yaitu Kurikulum Merdeka. Pada pra-penelitian, guru mata pelajaran bahasa Arab menyampaikan bahwa untuk penerapan setiap materi bahasa Arab sudah disesuaikan, namun dalam peminatan belajar dan pemahaman siswa masih kurang. Mengingat mata pelajaran Bahasa Arab adalah pembelajaran bahasa asing dan juga latar belakang pendidikan siswa sebelumnya. Kurikulum Merdeka dalam penerapannya tentu masih banyak membutuhkan suatu metode atau media yang menunjang sehingga siswa bisa berperan aktif selama pembelajaran bahasa Arab. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini, yaitu untuk mengidentifikasi implementasi, kelebihan, dan kekurangan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran maharah kalam di era Kurikulum Merdeka kelas VIII MTs NU Tirto Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini yaitu termasuk jenis penelitian lapangan, dimana saat akan melakukan penelitian dibutuhkan adanya tempat penelitian dan sumber pengambilan data baik itu dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Kemudian penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan, tulisan, dan perilaku orang yang diamati. Dan juga penelitian ini penelitian yang menghasilkan penemuan yang tidak diperoleh dengan cara statistik (Rahmat, 2009:8). Sehingga penelitian ini tujuannya guna mendeskripsikan mengenai hal tentang MTs NU Tirto. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pendekatan kontekstual dalam pembelajaran maharah kalam di era Kurikulum Merdeka kelas VIII MTs NU Tirto Kabupaten Pekalongan sudah berjalan sesuai dengan tiga tahapan pembelajaran, yaitu: 1) Tahapan Perencanaan, berupa pengajar yang telah menyusun RPP dengan tujuan agar pembelajaran berjalan sesuai dengan yang ingin dicapai. 2) Tahap Pelaksanaan, di kelas VIII-1 MTs NU Tirto meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3) Tahap Evaluasi, pengajar memberikan penilaian terhadap peserta didik dengan menghafal mufradat dan praktek hiwar dengan pendekatan kontekstual pada saat pembelajaran. Kelebihannya terletak pada kreativitas guru dan keterlibatan aktif siswa, sedangkan kekurangannya adalah keterbatasan waktu dan latar belakang siswa yang berbeda.Pendekatan kontekstual pembelajaran maharah kalam berbasis Kurikulum Merdeka. Meskipun demikian, optimalisasi waktu belajar dan penyesuaian materi dengan latar belakang siswa perlu diperhatikan untuk hasil yang lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Kontekstual, maharah kalam, Kurilum Merdeka | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:22 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 09:22 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |