Implementasi Metode Fun Learning Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia Dini di BIMBA AIUEO Wanarejan Selatan Kabupaten Pemalang

Noviana, Ade Karisma (2025) Implementasi Metode Fun Learning Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia Dini di BIMBA AIUEO Wanarejan Selatan Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
2421087 _Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2421087 _Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2421087 _Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar anak usia dini di BIMBA AUEO Wanarejan Selatan Kabupaten Pemalang, serta seperti tujuan BIMBA sendiri guna menumbuhkan minat baca dan belajar anak usia dini, yang mana belum diketahuinya secara fakta apakah dengan melalui metode fun learning dapat menumbuhkan minat belajar pada anak usia dini, maka dari itu peneliti tertarik untuk mengkajinya. Tujuan dalam penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah yang ada, yaitu untuk mendeskripsikan implementasi metode fun learning dalam menumbuhkan minat belajar anak usia dini di BIMBA AIUEO Wanarejan Selatan Kabupaten Pemalang dan untuk mendeskripsikan apa saja faktor penunjang dan penghalang metode fun learning dalam menumbuhkan minat belajar anak usia dini di BIMBA AIUEO Wanarejan Selatan Kabupaten Pemalang. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini peneliti menggunakan 2 triangulasi diantaranya yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang di peroleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi metode fun leaning dalam menumbuhkan minat belajar anak usia dini di BIMBA AIUEO Wanarejan Selatan Kabupaten Pemalang, meliputi 3 tahapan yaitu yang pertama; perencanaan pembelajaran, kedua; pelaksanaan pembelajaran yang didalam mencangkup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, serta kegiatan penutup, dan yang ketiga; evaluasi pembelajaran. Adapun dalam proses implementasi metode fun learning dalam menumbuhkan minat belajar anak usia dini di BIMBA AIUEO Wanarejan Selatan Kabupaten Pemalang juga terdapat faktor penunjang yaitu dari anak itu sendiri, peran tutor/guru, dan pola asuh orang tua, sedangkan faktor penghalangnya yaitu dari dalam diri anak itu sendiri, kurangnya profesionalisme tutor/guru, dan pola asuh orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAini, RofiqotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Fun Learning, Minat Belajar, Anak Usia Dini.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:09
Last Modified: 21 Jul 2025 08:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15111

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item