Strategi Pemasaran Produk SIKURNIA KSPPS SM NU Cabang Buaran Kota Pekalongan dalam Perspektif Syariah Marketing

Herdyanti, Nadia Graselda (2025) Strategi Pemasaran Produk SIKURNIA KSPPS SM NU Cabang Buaran Kota Pekalongan dalam Perspektif Syariah Marketing. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4218115_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4218115_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4218115_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

NADIA GRASELDA HERDYANTI. “Strategi Pemasaran Produk SIKURNIA KSPPS SM NU Cabang Buaran Kota Pekalongan dalam Perspektif Syariah Marketing.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk SIKURNIA KSPPS SM NU Cabang Buaran Kota Pekalongan dalam perspektif syariah marketing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan dengan melakukan wawancara kepada beberapa pihak terkait dan menyesuaikan hasil wawancara dengan mengkaji regulasi, buku, dan jurnal sebagai sumber data sekunder yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa KSPPS SM NU Cabang Buaran Kota Pekalongan melakukan pemasaran pada produk SIKURNIA dengan menggunakan strategi pemasaran bauran mix 7P yang terdiri dari product (produk) bahwa produk SIKURNIA ini dapat mempermudah anggota dalam mengumpulkan uang membeli hewan kurban untuk melaksanakan ibadah idhul adha nanti, price (harga) sangat terjangkau sehingga tidak membebankan anggota, place (tempat) sangat mempengaruhi karena tempat yg strategis dapat memduahkan anggota untuk bertansaksi, promotion (promosi) menggunakan 4 jenis promosi yaitu, iklan dengan cara membagikan brosur dan melalui media sosial, promosi penjualan dengan cara pemberian cinderamata, penjualan pribadi dengan cara kontak langsung kepada masyarakat, pemasaran langsung dengan cara grebekan atau door to door, people (orang) kualitas dari petugas sudah memadai dalam memasarkan produk, physical enviden (bukti fisik) berupa brosur dalam memasarkan produk adapula buku tabungan sebagai bukti, process (proses) sudah sangat memduahkan dan tidak ada biaya pendaftaran. Strategi pemasaran yang dilakukan sudah sesuai dengan perspektif syariah marketing yang terdiri dari teistis (rabbaniyyah) yaitu produk sudah mengandung prinsip islam dan para staf selalu jujur dalam memasarkan produk, etis (akhlaqiyyah) yaitu para staf memiliki akhlak (sopan dan santun) dan etika yang baik, realistis (al-waqi’yyah) yaitu para staf berpakaian rapih dan bersih, humanistis (insaniyyah) yaitu memiliki empati yang tinggi terhadap anggota. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, SIKURNIA, Syariah Marketing.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAsytuti, RindaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, SIKURNIA, Syariah Marketing.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:01
Last Modified: 21 Jul 2025 07:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15208

Actions (login required)

View Item View Item