Ilmi, Muhammad Fahmi Kamalul (2025) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PERCAYA DIRI SISWA SMP SAINS CAHAYA AL-QUR'AN PEKALONGAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121015_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121015_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2121015_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakstabilan emosi di kalangan siswa pada masa remaja, termasuk siswa di SMP Sains Cahaya Al-Qur'an Pekalongan, yang berdampak negatif pada motivasi belajar dan kepercayaan diri. Banyak siswa enggan berbicara di depan kelas atau berperan aktif dalam kegiatan kelompok, khususnya dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh kemampuan intelektual siswa tetapi juga oleh faktor psikologis seperti motivasi dan rasa percaya diri. Motivasi membantu siswa tetap bersemangat dalam belajar, sedangkan rasa percaya diri memungkinkan siswa berpartisipasi di kelas tanpa rasa takut. Guru memegang peranan penting dalam mengatasi masalah ini dengan tidak hanya mengajar tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kondisi motivasi belajar dan percaya diri siswa VIII B pada pembelajaran PAI di SMP Sains Cahaya Al-Qur'an Pekalongan (2) Mendeskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar dan percaya diri siswa VIII B pada pembelajaran PAI di SMP Sains Cahaya Al-Qur'an Pekalongan (3) Mendeskripsikan tantangan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar dan percaya diri siswa VIII B pada pembelajaran PAI di SMP Sains Cahaya Al-Qur'an Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi motivasi belajar siswa VIII B secara umum menunjukkan tingkat yang “positif”, ditandai dengan dorongan dan kebutuhan memperoleh pengetahuan yang kuat. Kepercayaan diri siswa VIII B juga menunjukkan dalam tingkat “berkembang”, terutama melalui kemauan siswa mencoba hal-hal baru yang bermanfaat. Guru PAI memainkan peran penting dalam meningkatkan motivasi belajar dan percaya diri dengan perannya sebagai pengajar menggunakan metode pembelajaran interaktif, kontekstual, praktis, dan presentasi rutin pada “Praktik Jual Beli” pembahasan BAB IX “Muamalah Dalam Islam”. Sedangkan tantangan dari penerapan strategi meningkatkan motivasi dan percaya diri terletak pada peran guru PAI sebagai pembimbing, karena keterbatasan waktu, keberagaman siswa, dan beban kerja yang membuat sulit untuk memberikan pendampingan atau bimbingan secara pribadi yang konsisten.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru PAI, Motivasi, Percaya Diri | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Fahmi Kamalul Ilmi Muhammad | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 02:00 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 02:00 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15210 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |