Faza, Fadhly Muhammad (2025) Implementasi Pembelajaran Kitab Aqidah Al-Awwam Dalam Menguatkan Akidah Santri Madrasah Diniyah Syafi’iyah Di Desa Kebonsari. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121271_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121271_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
20 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Kitab Aqidah Al-Awwam dalam menguatkan akidah santri di Madrasah Diniyah Syafi’iyah Desa Kebonsari serta menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Kitab Aqidah Al-Awwam merupakan salah satu rujukan penting dalam penanaman nilai-nilai tauhid Ahlussunnah wal Jama’ah kepada santri pemula. Namun, dalam praktiknya, tantangan modernisasi, keterbatasan waktu, dan variasi latar belakang santri menjadi hambatan dalam internalisasi nilai akidah. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran Kitab Aqidah Al-Awwam dalam menguatkan akidah santri di Madrasah Diniyah Syafi’iyah Desa Kebonsari? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Kitab Aqidah Al-Awwam di madrasah Diniyah Syafi’iyah Desa Kebonsari?.Tujuan Penelitiannya adalah (1) Menganalisis implementasi pembelajaran Kitab Aqidah Al-Awwam dalam menguatkan akidah santri di Madrasah Diniyah Syafi’iyah Desa Kebonsari.(2) Menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Kitab Aqidah Al-Awwam di madrasah Diniyah Syafi’iyah Desa Kebonsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap guru, kepala madrasah, dan santri. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dilakukan melalui penyusunan jadwal dan pembagian materi berdasarkan tiga cawu, dengan menyesuaikan tingkat pemahaman santri. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode sorogan, bandongan, dan halaqah, disertai penghafalan bait nazham, penjelasan makna, serta pembiasaan sikap religius. Proses ini bersifat partisipatif dan kontekstual, mengarah pada internalisasi nilai-nilai keimanan. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara berkala melalui ulangan harian lisan dan tulisan, serta penilaian sikap religius sehari-hari. Faktor pendukung implementasi meliputi ketersediaan kitab, dukungan guru, dan tradisi keagamaan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu, perbedaan latar belakang pendidikan formal santri, dan kurangnya kesiapan emosional santri dalam menerima materi akidah. Dengan demikian, kitab Aqidah Al-Awwam terbukti efektif sebagai media penguatan nilai keimanan jika didukung dengan pendekatan pembelajaran yang kontekstual, partisipatif, dan adaptif terhadap perkembangan zaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pembelajaran, Kitab Aqidah Al-Awwam, Akidah Santri, Madrasah Diniyah, Pendidikan Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 03:37 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 03:37 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15220 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |