Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kesesi Pekalongan

Putri, Putri and Septiana, Putri (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kesesi Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
lampiran ethese.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
fiks skripsi dian putri full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Cover,Bab 1 dan Bab V.pdf

Download (626kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kesesi, Pekalongan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang cenderung monoton dan tidak memotivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Metode PQ4R dipilih karena diyakini dapat meningkatkan pemahaman dan daya ingat siswa terhadap materi pelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest kontrol group. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII G sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, serta dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran PQ4R dibandingkan dengan metode konvensional. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05, yang berarti metode PQ4R memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran PQ4R efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merekomendasikan kepada pendidik agar mengadopsi metode PQ4R sebagai alternatif strategi pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan berpusat pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDHanif, Ma'mun19860622 201801 1 00UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode PQ4R, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 1 Kesesi, Kuasi Eksperimen
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.01 Karangan-karangan tentang Islam
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X9.4 Zaman Daulah Abbasiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:13
Last Modified: 21 Jul 2025 07:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15222

Actions (login required)

View Item View Item