Hafidz, Mizan (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Qawā’id Nahwu Bahasa Arab Berbasis Video dengan Sparkol Videoscribe Kelas VII MTs Salafiyah Kalimas Randudongkal Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2220041_Cover_Bab 1 & Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2220041_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2220041_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi Qawā’id Nahwu dalam Bahasa Arab di MTs Salafiyah Kalimas Randudongkal Pemalang. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya variasi media yang digunakan saat pembelajaran bahasa Arab, sehingga berpotensi mengakibatkan turunnya antusias murid di MTs Salafiyah Kalimas. Latar belakang murid yang sebagian besar berasal dari Sekolah Dasar juga membuat murid belum terbiasa pada pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu dibutuhkan metode, strategi dan media yang sesuai agar siswa dapat lebih mudah memahami materi Qawā’id Nahwu. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah proses pengembangan media pembelajaran qawā’id nahwu bahasa Arab berbasis video dengan Sparkol Videoscribe kelas VII MTs Salafiyah Kalimas Randudongkal Pemalang dan Bagaimanakah tingkat kelayakan media pembelajaran qawā’id nahwu bahasa Arab berbasis video dengan Sparkol Videoscribe kelas VII MTs Salafiyah Kalimas Randudongkal Pemalang. Proses pengembangan penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahap Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, serta angket. Selain itu, validasi produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi guna memastikan kelayakan video pembelajaran yang dikembangkan. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VII dan menghasilkan tanggapan yang positif. Penilaian kelayakan oleh ahli media mencapai skor 86,25%, sementara ahli materi memberikan skor 83,75%. Dengan rata-rata nilai 85% yang berarti media pembelajaran qawā’id nahwu bahasa Arab berbasis video dengan Sparkol Videoscribe dinyatakan sangat layak untuk digunakan di kelas VII MTs Salafiyah Kalimas Randudongkal Pemalang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Qawā’id Nahwu, Media, Sparkol Videoscribe | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Hafidz Mizan | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 06:48 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 06:48 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |